Siapkan Wisata Edukasi Jelajah Kampung

JOGJA – Berwisata di Kota Jogja tidak hanya dengan mengunjungi Keraton Jogja atau belanja oleh-oleh khas bakpia di kampung bakpia di Patuk Ngampilan saja. Saat ini sedang dikonsep wisata edukasi dengan jelajah kampung di dua kawasan wisata Kota Jogja tersebut.

Itu yang sedang dikonsep Sekolah Vokasi UGM, dengan mempersiapkan para pemuda lokal di dua kampung tersebut. Yaitu membuat diferensiasi wisata dengan menggandeng warga lokal setempat.

“Karena selama ini hanya mengunjungi Keraton atau beli bakpia saja, belum mengeksplorasi potensi di kampungnya, seperti pembuatan bakpia atau wisata heritage Njeron Beteng,” ujar pengajar Sekolah Vokasi UGM Ghifari Yuristiadhi disela pelatihan pada pemuda di kampung Kraton dan Ngampilan Minggu (28/10).

Menurut Ghifari dengan konsep wisata edukasi jelajah kampung, wisatawan akan diajak merasakan suasana di kampung. Seperti di Patuk, karena terdiri dari gang sempit paket wisata yang disiapkan berupa walking and crafting tour, yaitu wisatawan diajak untuk menyusuri perkampungan bakpia di Patuk Ngampilan serta langsung mencoba membuat bakpia. “Bagaimana industri kecil bakpia masih bertahan di tengah pabrik besar serta penamaan bakpia sesuai nomor rumah, itu menarik bagi wisatawan,” tuturnya.

Begitupula di Keraton yang selama ini hanya fokus kunjungan ke Keraton, Taman Sari atau Alun-alun Kidul.  Padahal, lanjut Ghifari, ada potensi wisata lain yang bisa dieksplorasi yaitu jelajah kampung abdi dalem. Nama kampung-kampung di dalam Njeron Beteng Keraton Jogja dinamai sesuai dengan job desk para abdi dalem di Keraton Jogja. Karena cakupannya yang lebih luas, jelajah kampung di Kraton dikonsep dengan biking tour.

“Dengan bersepeda kita ajak untuk melihat beteng Keraton yang masih terlihat di sisi timur serta mengunjugi kampung yang toponim sesuai dengan pekerjaan abdi dalem Keraton yang tinggal di sana,” tuturnya.

Yang masih menjadi tantangan adalah mengajak warga setempat untuk ikut serta dalam program tersebut. Program itu sendiri ditargetkan sudah bisa dilaksanakan 1 November nanti. (cr7/pra)