PURWOREJO – Banyak hal menjadi catatan Komisi C DPRD Kabupaten Purworejo terhadap pembangunan pengembangan Pantai Jatimalang usai melakukan kunjungan, pekan lalu. Satu hal yang mendapat sorotan adalah persiapan lahan parkir, di mana harus terpadu dengan pembangunan yang sedang dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi C DPRD Purworejo Rochman kepada Radar Jogja, Minggu (28/10). Diharapkan penataan areal parkir bisa didahulukan, sehingga upaya untuk meramaikan sentra kuliner yang diharapkan para pedagang bisa tercapai.

“Beberapa waktu lalu kami mendapatkan informasi para pedagang masih belum sesuai harapan tingkat penjualan dagangannya. Makanya kami ingin melihat dari dekat tentang hal itu dan memang menemukan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti,” jelas Rochman.

Diungkapkan, dari pengembangan yang ada lebih fokus ke bagian barat. Sampai saat ini areal parkir masih di sisi timur jalan utama atau di dekat tempat pelelangan ikan. Jarak antara lokasi parkir dengan sentra kuliner relatif jauh, sehingga membuat enggan masyarakat untuk mendekat.

“Di lapangan kami mendapati jika di sisi barat belum ada lokasi parkir yang representatif. Makanya hal ini perlu diperhatikan. Tentu retribusi parkir juga menjadi salah satu pendapatan bagi pemkab, selain dari retribusi masuk ke objek wisata,”  tambah Rochman.

Selain parkir, Komisi C juga meminta agar penataan posisi patung Dewa Ruci dibuat lebih rapi. Serta pembangunan pintu gerbang yang sempat ada sedikit permasalahan tanah agar segera dimusyawarahkan dengan pemilik tanah.

“Kalau ini sudah tertata harus ada peningkatan pendapatan. Harus ada peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) terutama di Jatimalang karena anggaran kan tahun ini sudah begitu besar, nanti dilanjut di 2019 juga,” tambahnya.

Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinparbud Purworejo Stephanus Aan mengungkapkan, persiapan tempat parkir memang belum masuk rencana program di tahun ini. Pengerjaan yang dilakukan baru sebatas membaut jalur masuk.

“Baru di tahun depan dialokasikan untuk pembangunan kawasan parkir bersamaan pembangunan 26 unit kios kuliner lagi,” kata Aan.   Lebih jauh dikatakan, memang titik keramaian akan digeser ke bagian barat, di mana tempat parkir akan berada di belakang kuliner.  (udi/laz/by/mo2)