Bagian Wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2025

KULONPROGO – Anggota Komisi VII DPR RI H. Agus Sulistiyono SE, MT menginisiasi sosialisasi pengembangan bank sampah melalui infrastruktur hijau di Kulonprogo DIY. Kegiatan tersebut kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bersama Komisi VII DPR RI.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan pemberian bantuan motor sampah sebanyak 30 unit kepada perwakilan kelurahan dan komunitas bank sampah yang ada di Kulonprogo. Agus mengatakan, salah satu barometer negara maju dan modern tidak hanya dilihat dari pertumbuhan ekonomi, tapi juga bisa dilihat dari bersih, nyaman dan ramah lingkungannya negara tsb. “Masyarakatnya tidak skeptis terhadap sampah. Tapi peduli akan kebersihan lingkungan”, kata Agus Sabtu (27/10).

“Negara yang peduli terhadap kebersihan dan ramahnya lingkungan akan menjadi negara maju. Taraf hidup masyarakatnya akan meningkat lebih sejahtera,” lanjut Agus, saat menjadi Key Note Speaker dalam acara tersebut

Untuk menjaga dan mencinta serta merawat alam adalah tanggung jawab semua. Karena itupula anggota Fraksi PKB DPR RI Dapil DIY itu menegaskan komitmennya dalam menjaga lingkungan.

Sebagai wujud komitmen cinta terhadap lingkungan, secara bersama-sama Agus mengajak masyarakat memperhatikan lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mendukung program pemerintah lewat KLH dengan program bank sampah. “Saya berharap pemberian motor sampah ini bisa membantu masyarakat menuntaskan masalah sampah. Program ini harus kita dukung bersama-sama,” harapnya.

Agus juga mengucapkan terima kasih kepada KLHK yang telah merealisasikan program peduli lingkungan melalui Sosialisasi Infrstruktur Hijau dan Pengembangan Bank Sampah di tahun 2018 tersebut. “Semoga, dengan 30 motor sampah yang diberikan sebagai support pengembangan Bank Sampah di Kulonprogo dapat menjadi bagian penting dari upaya kita semua dalam mewujudkan Indonesia Bebas Sampah pada 2025”, paparnya. (sce/pra/zl/mo2)