JOGJA – Unversitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) berupaya menciptakan lulusan berintegritas dan jujur. Hal itu harus dilakukan di tengah persaingan pasar tenaga kerja yang kian ketat.

“Kami optimistis lulusan UCY bisa berkontribusi positif bagi masyarakat,” kata Rektor UCY, Ciptasari Prabawanti SPsi MSc PhD, Jumat (26/10).

Ciptasari berharap lulusan UCY tidak berhenti berkiprah pada persaingan pasar tenaga kerja. Tapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Keberhasilan lulusan berdampak pada universitas. “Akan menjadi power bagi UCY untuk terus mengembangkan diri dan berbenah,” kata Ciptasari.

UCY bertekad menjadi universitas terkemuka yang bersumber dan berlandaskan pada Alquran and Sunnah. Tentunya dengan mengembangkan sumberdaya insani dan berakhlak mulia.

Lulusan UCY diharapkan memiliki jiwa kebangsaan, dan berwawasan global. Bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Semoga mereka bisa berguna untuk mewujudkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta,” tegas Ciptasari.

UCY terus melakukan peningkatan SDM pendidik. Memfasilitasi pendidik melanjutkan studi master maupun doktoral. UCY juga mengembangkan kualitas program studi dan program fakultas. “Tujuh dari delapan prodi telah terakreditasi B,” kata Ciptasari.

UCY juga meningkatkan infrastruktur agar mahasiswa puas saat mengikuti kuliah. Para dosen juga didukung penelitian, publikasi hasil penelitian, serta pengabdian masyarakat.

Jumlah mahasiswa UCY lebih dari 1.500 orang. Di antaranya mahasiswa dari Thailand dan Turki. “Kami sadar, masih banyak yang harus ditingkatkan,” kata Ciptasari.

UCY akan terus mengembangkan kualitas dan profesionalisme. Salah satunya dengan penguatan organisasi dan tata kelola. Penguatan pada basis mahasiswa dan peningkatan kerjasama antarlembaga juga akan terus ditingkatkan.

“Semoga UCY menjadi lembaga pendidikan Islam yang kredibel dan semakin professional,” jelas Ciptasari. (*/ega/iwa/by/mo2)