GUNUNGKIDUL – Sekitar 200 pemuda perwakilan dari beberapa desa di Kecamatan Pathuk mengikuti pelatihan socioentrepreneur di Balai Desa Ngoro-Ora Pathuk, Senin (22/10).  Pelatihan ini diinisiasi BPO DIY dan DPRD DIY.  Pemateri yang dihadirkan adalah Nur Hendratno SIP staff Bidang Kepemudaan BPO DIY, anggota DPRD DIY Nuryadi SPd, dan Agus Riyadi seorang pengusaha.

Nur Hendratno mengatakan, pelatihan kali ini memberikan paparan tentang program BPO. Di antaranya pelatihan keterampilan pemuda seperti pemasaran online dan socioentrepreneur. ”Dengan mengikuti pelatihan ivi diharapkan dapat membuka wawasan peserta,’’ jelasnya.

Nuryadi mengatakan, DPRD DIY mengawal program dari BPO DIY, serta memberikan arahan kepada pemuda bagaimana cara mensukseskan diri, keluarga, dan negara.

Agus Riyadi seorang pengusaha water boom mengatakan keunggulan Gunungkidul di bidang kebudayaan maupun wisatanya dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk membuka usaha baru. Iapun mengakui bahwa tidak mudah untuk menjadi pengusaha, ada banyak tantangan yang harus siap dihadapi. (*/a1/din/er/mo2)