BANTUL – Sampai dengan laga ke-28, PS Tira belum juga beranjak dari zona merah. Kerap tampil labil saat bermain di kandang sendiri menjadi penyebab kenapa the Young Warriors tak pernah beringsut dari papan bawah.

PS Tira sebenarnya memiliki modal positif setelah menahan imbang Perseru Serui di laga sebelumnya. Namun, hasil itu tak menjadi jaminan bagi the Young Warriors untuk bisa meraih poin penuh saat bermain di kandang.

Buktinya, saat tampil perkasa ketik melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, PS Tira justru tersungkur saat bermain di home base sendiri 1-2 dari tamunya PSM Makassar. Terakhir, Manahati Lestusen dkk harus tunduk atas PSIS Semarang 0-1 di SSA.

Melawan Persela Lamongan di Stadion Sultang Agung (SSA) sore hari ini, Abu Bakar dkk dituntut menjaga konsistensi permainan positif demi raihan tiga angka. Kemenangan, berpeluang membawa PS Tira terlepas dari zona merah.

“Kami harus sudah berhitung, memenangkan setiap laga kandang agar bisa lepas dari degradasi,” kata pelatih PS Tira Nil Maizar Sabtu (27/10).

Melawan skuad asuhan Aji Santoso, PS Tira bukan tanpa persoalan. Dengan jeda pertandingan yang singkat setelah melakoni laga melawan Perseru Serui di Papua Rabu (24/10), praktis skuad PS Tira memiliki masa pemulihan cukup singkat. Young Warriors hanya punya waktu recovery tiga hari setelah melakukan sepulang dari Papua.

Kendala lainnya, absennya Abduh Lestaluhu akibat kartu merah yang diterima di laga terakhir. Kehilangan pemain kunci di kiri jantung pertahanan akan berdampak  rapuhnya lini pertahanan PS Tira.

“Kami sudah siapkan komposisi sesuai dengan skema yang akan kami mainkan,” kata Nil.

Kehilangan Lestaluhu di lini belakang akan terbantu dengan kembalinya gelandang Dymitriv Rekish. Pencetak satu gol ke gawang Persebaya Surabaya ini sudah dapat ditampilkan setelah di laga sebelumnya absen.

Sementara pelatih Persela Lamongan Aji Santoso menegaskan, anak asuhnya siap bekerja keras demi mengamankan poin krusial kontra tuan rumah. Skuad asuhnya sedang dalam semengat bertanding yang tinggi, usai meraih kemenangan 2-1 atas Barito Putra.

“Kami tidak boleh lemah karena persaingan cukup ketat. Posisi kami belum benar-benar aman,” kata Aji Santoso.

Dalam lawatan ke Bantul, Persela memboyong sebanyak 18 penggawa. Aji Santoso mengisyaratkan akan melakukan sedikit rotasi pemain, guna menyiasati padatnya jadwal. (bhn/ila)