Ndaru Mendongeng,

Salsabila Baca Puisi

PURWOREJO – Dua siswa sekolah dasar (SD) di Purworejo akan mengikuti final Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N) di Jakarta, 27-31 Oktober ini. Keduanya berhasil lolos seleksi untuk mata lomba mendongeng dan baca puisi.

Sebelum bertolak ke Jakarta, Prabandaru Hanggoro Raras, siswa kelas 6 SDN Purworejo dan Salsabila Khumaira Asrofi, kelas 5 SDN Kemiri (Kecamatan Kemiri) berpamitan dengan Wakil Bupati Yuli Hastuti di ruang kerjanya, Jumat (26/10). Mereka didampingi orang tua dan guru untuk meminta restu membawa nama baik Purworejo di pentas nasional.

Prabandaru Hanggoro akan mengikuti lomba mendongeng, sementara Salsabila menunjukkan kemampuannya membaca puisi. Orang tua Prabandaru, Dwi Suryanto mengatakan, perlombaan ini bukanlah lomba berjenjang. Peserta cukup menunjukkan bakatnya melalui video dan diunggah dalam laman Youtube dan dikirimkan ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan diketahui kepala sekolah yang bersangkutan.

“Ndaru (panggilan akrab Prabandaru, Red) mengirimkan video dongeng tentang Demang Kesawen. Tema ini disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan yakni Aku Anak Indonesia, Bangga dengan Keanekaragaman Indonesia,” tutur Dwi.

Video yang dikirimkan murni hasil pengambilan gambar tanpa melalui proses editig. Demikian halnya dengan mata lomba baca puisi yang diikuti Salsabila, dia juga mengirimkan video sesuai lomba diikuti.

Batas akhir pengiriman karya tersebut ditentukan pada akhir Agustus lalu. Sementara hasil seleksi baru disampaikan kepada peserta dalam pekan ini.

“Dari Pemerintah Jawa Tengah kami difasilitasi untuk berangkat bersama ke Jakarta besok (hari ini, Red) pagi dari Semarang. Jadi sore ini (kemarin, Red) kami bertolak ke Semarang terlebih dahulu,” jelas Dwi.

Pendamping Salsabila, Ernawati Setyo mengungkapkan sekolahnya telah mengikuti perlombaan ini tiga kali. Awalnya memang agak kesulitan untuk bisa mengikuti lomba karena minimnya informasi yang diterima. Seiring perjalanan waktu dan mencoba mengikuti, akhirnya bisa berbuah manis.

Wakil Bupati Purworejo sendiri memberikan motivasi bagi keduanya untuk benar-benar menunjukkan performa terbaiknya dalam lomba nanti. Ia meminta agar peserta lomba bisa menjaga stamina dan mempersiapkan dengan baik.

“Tetap semangat, jangan grogi. Ibu yakin nanti bisa memberikan yang terbaik bagi Purworejo. Tentunya anak-anak ini juga membawa nama Jawa Tengah,” kata Yuli Hastuti. (udi/laz/zl/mo2)