Hanya Tersisa 36 Kapling PMPS 2018

JOGJA – Meski hanya akan berlangsung selama 18 hari, penjualan kapling stan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018 laris manis. Di hari pertama penjualan, langsung terjual 478 stan yang diborong hanya oleh 79 pembeli.

Ketua tim pemanfaatan lahan PMPS 2018 Evi Wahyuni mengakui hanya tinggal tersisa 36 kapling yang belum terjual dari total 514 kapling yang disediakan. Padahal pendaftaran stan masih dibuka hingga hari ini (25/10) di Pendopo Ngestigondo Alun-alun Utara.

“Kami tidak membatasi satu orang harus satu kapling. Itu terserah masyarakat, selama dia mau membayar akan kami layani,” kata Evi kepada Radar Jogja, Rabu (24/10).

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Jogja itu menjelaskan, penjualan kapling PMPS pada hari pertama hanya melayani 79 orang. Tapi stan yang terjual sudah mencapai 478. Menurut dia pada PMPS kali ini, Disperindag tidak membatasi setiap masyarakat untuk membeli jumlah kapling yang akan dibeli. “Bisa saja satu kapling diisi empat penjual, tapi diisi beberapa penjual. Tapi yang terdaftar hanya satu,” tuturnya.

Yang diminati adalah satn yang berada di Zona A dan B dengan kategori super premium, premium dan reguler telah habis terjual di hari pertama. Zona super premium dihargai 6.000 rupiah/meter setiah harinya. Untuk premium dengan harga sewa 5.500/meter, dan reguler dengan harga 4.500 rupiah/meter. Sedangkan zona C dengan kategori premium dan reguler serta zona D dengan kategori premium.

Evi menambahkan, masyarakat yang akan membeli kapling di PMPS hanya perlu menunjukkan data diri dan mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta membayar penuh sewa selama 10 hari pertama. Kapling yang disediakan berukuran 5×8 meter dengan harga yang berbeda di setiap zona. Untuk delapan hari berikutnya, tambah Evi, pembayaran akan dilakukan setelah sewa 10 hari pertama habis. Pembayaran tetap akan dilakukan via Bank dengan melakukan konfirmasi ke Disperindag di Pasar Beringharjo. “Peserta yang tidak melakukan perpanjangan pembayaran, kapling otomatis akan dijual kepada masyarakat lain,” katanya. (cr7/mg6/pra/zl/mo1)