SLEMAN – Tips bisa jadi pengusaha sukses menjadi tema pelatihan socioentrepreneur bagi sekitar 400 warga perwakilan dari beberapa dusun di Sleman bagian barat, Jum’at (19/10) Koeswanto anggota DPRD DIY, Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY Ir.Edi Wahyudi M.Pd, dan praktisi dari PT. ABI dihadirkan guna memberikan wawasan kepada para pemuda mengenai bagaimana menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Kepala BPO DIY Ir.Edi Wahyudi M.Pd mengatakan, seorang pengusaha yang sukses adalah yang mampu mengatasi kondisi kesusahan. Serta proses untuk bangun dari kesusahan menjadikan mental pengusaha menjadi semakin kuat.

Menurut dia bisnis apapun di DIY memiliki peluang besar untuk berkembang dan kebijakan pembangunan di DIY bertumpu pada tiga pilar utama yakni pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata. “Ketiga pilar bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Pariwisata misalnya, bisa dilakukan dengan membuka usaha transportasi, toko oleh-oleh dan yang lainnya,” ujar Edi Wahyudi

Pita yang merupakan tim dari PT.ABI memaparkan tentang promosi produk maupun jasa dengan menggunakan media sosial seperti facebook, youtube, serta hampir semua pemuda menggunakan handphone dapat menjadi satu alat untuk mempromosikan usaha.

Diharapkan, melalui pelatihan ini para peserta dapat dengan bijak menggunakan jejaring sosial dan dapat memanfaatkannya dengan baik agar membawa kebaikan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Sedang anggota DPRD DIY Koeswanto mengatakan pelatihan socioentrepreneur kali ini berlokasi di empat titik, namun pelatihan dipusatkan di satu titik yakni, Kecamatan Godean, Seyegan, Moyudan, serta Minggir.

“Melalui kegiatan ini dengan tujuan memberdayakan masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan, dan dengan pelatihan ini nantinya kaum muda akan mendapatkan keuntungan yang lebih” paparnya. (*/a1/pra/zl/mo2)