JOGJA – Puluhan pedagang pasar tradisional di Kota Jogja disiapkan go online. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jogja menyiapkan pelatihan pemasaran dagangan via online.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar Disperindag Kota Jogja Dwi Nanto Sujatmiko mengatakan ada 80 pedagang pasar dari delapan pasar di Kota Jogja yang mengikuti pelatihan. Mereka dilatih pemanfaatan tekonologi komunikasi.

Para pedagang akan diberi bentuk pelatihan berupa penjelasan tentang pemanfaatan web dagang dan bagaimana menggunakan aplikasi toko online yang ada di telepon genggam.

“Harapannya dengan pelatihan dagang online ini. Pedagang tak hanya melayani di pasar saja namun juga pembeli dari dunia maya,” jelasnya Senin (22/10).

Pembekalan ini juga diungkapkan Dwi untuk menghadapi persaingan pasar di dunia modern. Mengingat banyaknya pasar modern sudah terlebih dahulu terintegrasi dengan dunia internet.

“Pedagang pasar tradisional harus bisa berbenah di jaman yang semodern ini. Untuk memanfaatkan teknologiyang ada,” tambahnya. (cr5/pra/zl/mo2)