JOGJA – Senin (22/10), Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr. S. Hardjolukito genap berusia enam tahun. Momentum ini, dijadikan media untuk berintrospeksi, dan membangun komitmen guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan (pasien).

Untuk diketahui, RSPAU dr. S. Hardjolukito merupakan rumah sakit TNI Angkatan Udara (AU). Meskipun demikian, masyarakat umum bisa memanfaatkan atau berobat di RS yang terletak di Blok O ini.

“Dilengkapi dengan berbagai poliklinik, tenaga medis dan non medis yang memadai, RSPAU dr. S. Hardjolukito berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi TNI AU maupun masyarakat umum,” kata Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito, Marsma TNI Dr. dr. Isdwiranto Iskanto MSc. Sp BS(K). Sp.KP.

(RSPAU HARDJOLUKITO)

RSPAU dr.S. Hardjolukito memiliki berbagai pelayanan,seperti klinik jantung, THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan), mata, saraf, psikologi/psikoatri, geriatri (penyakit yang berhubungan dengan orang lanjut usia), serta onkologi yang berhubungan dengan kanker. “Untuk pelayanan, juga terus dikembangkan agar lebih baik lagi,” tandasnya.

Pengembangkan pelayanan yang dimaksudkan, di antaranya trauma center, neuroendovasculer (pelayanan syaraf atau bedah syaraf dan jantung terpadu) yang ditunjang dengan cath lab. Kemudian pelayanan mata terpadu, ditunjang OCT (Optical Coherence Tomography) dan Lasik (Laser-Assisted in situ Keratomileusis) yang berguna untuk memperbaiki kelainan mata (myopia), mata plus, dan silinder.

Dengan fasilitas yang dimiliki, RSPAU menjadi salah satu RS rujukan dari RS TNI AU di Indonesia, dan rumah sakit yang ada di Jogjakarta dan Jawa Tengah. “Katarak yang sudah dioperasi di RS lain, dan mendapatkan komplikasi, bisa dirujuk ke RSPAU, karena fasilitas yang memadai,” ungkapnya.

Marsma TNI Isdwiranto

Pada tahun anggaran 2018-2019, RSPAU menambah 400 tempat tidur, penambahan ruang pusat kanker, pembangunan rehabilitasi narkoba dan gangguan jiwa, penambahan gedung IGD, dan klinik kebugaran.

“Untuk rencana tersebut, saat ini dalam tahap pelaksanaan. Kami berharap, pada HUT ke-6 RSPAU bisa memiliki dampak positif bagi RS dalam memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan TNI AU,” tandasnya.

Dalam rangka memperingati HUT ke-6, RSPAU dr.S. Hardjolukito melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan air bersih di Gunungkidul, mengadakan sunatan massal, dan akan mengadakan operasi katarak yang akan dilakukan 3 November mendatang di RSPAU dr.S.Hardjolukito. “Operasi katarak dibuka untuk siapa saja tanpa ada batasan kriteria yang ditentukan. Kita dari rakyat, dan akan melakukan bantuan kepada rakyat,” tandasnya.

Ketua Panitia HUT ke 6 RSPAU dr.S. Hardjolukito, Letkol Kes Arianto, S.Gz menambahkan, untuk memeriahkan HUT RSPAU, juga dilakukan beberapa lomba internal, tak terkecuali bidang olah raga. “Kegiatan internal ini, untuk mempererat tali persaudaraan di antara anggota rumah sakit,” katanya.

Ada pula lomba mencuci tangan, pemilihan personel teladan, dan lomba kebersihan di area RSPAU. “Berbagai rangkaian kegiatan HUT, akan diakhiri dengan upacara pada 22 Oktober 2018 (hari ini),” jelasnya. (*/cr7/jko)

Bakti sosial bantuan air bersih di Gunungkidul. (RSPAU HARDJOLUKITO)
Acara jalan santai bersamaan dengan hari ulang tahun Ka RSPAU Hardjolukito, Sabtu, (20/10). (RSPAU HARDJOLUKITO)