Untuk Atlet Peraih

Medali Porprov 

PURWOREJO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo angkat bicara terkait ketiadaan bonus bagi atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018 dari Kabupaten Purworejo. Bonus bagi atlet tetap diperjuangkan dan masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Purworejo 2018.

“Kami memperjuangkan setiap atlet peraih medali mendapatkan bonus. Besarannya berbeda sesuai perolehannya seperti emas, perak, dan perunggu,” kata Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi Mulyono saat dihubungi melalui sambungan telepon Jumat (19/10).

Menurutnya, pembahasan bonus atlet itu sudah dibicarakan dalam rapat badan anggaran yang dilaksanakan Badan Anggaran dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di Bandungan, Kabupaten Semarang, 23 Agustus 2018. Hanya saja dalam rapat itu belum ditentukan besaran yang akan diberikan.

“Kami memperjuangkan peraih emas mendapatkan Rp 50 juta, perak Rp 20 juta dan perunggu Rp 10 juta,” ujar Luhur. Hanya saja besaran itu masih sebatas pengajuan. Kepastian bonus bagi peraih medali itu masih akan digodok dalam pembahasan APBD 2019 yang akan dilakukan segera.

“Intinya kami memperjuangkan agar bonus bagi atlet bisa diutamakan, sebagai perangsang bagi atlet untuk menunjukkan prestasi terbaiknya,” tambahnya.

Sesuai risalah rapat Banggar dan TAPD memang disebutkan penganggaran bonus bagi atlet Porprov tidak bisa dimasukkan dalam APBD Perubahan 2018. Hal ini dikarenakan tidak masuk dalam rencana kerja anggaran (RKA).

Terpisah, Ketua Komisi D Rujiyanto mengatakan, komisinya mendukung adanya pemberian bonus bagi atlet berprestasi dalam Porprov 2018. Pihaknya akan mengusahakan yang terbaik, sehingga bisa memberikan semangat bagi atlet.

“Kami mendukung adanya bonus bagi atlet dan tolong KONI segera buat proposal ke bupati untuk kami perjuangkan dalam pembahasan nanti,” kata Rujiyanto.

Pernyataan senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Purworejo Sukmo Widi Harwanto. Sebagai pejabat baru menggantikan Akhmad Kasinu, dia akan mengupayakan yang terbaik bagi kemajuan olahraga Purworejo. (udi/laz/mo2)