SLEMAN – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 tak hanya fokus kegiatan fisik. Lebih dari itu, kegiatan yang dipusatkan di Desa Balecatur, Gamping, Sleman punya misi merekatkan hubungan TNI dan masyarakat. Guna menumbuhkan semangat gotong royong.

Pasiter Kodim 0732/Sleman Kapten inf Nugraha Agung mengatakan,  gotong royong memiliki banyak keuntungan. Selain biaya menjadi lebih ekonomis, pekerjaan lebih cepat selesai. “Masyarakat juga ikut merasa memiliki terhadap setiap hasil pembangunan yang dilakukan bersama TNI ataa bantuan pemerintah,” ujarnya di sela giat TMMD Rabu (17/10).

Dikatakan, keterlibatan masyarakat dalam proyek TMMD tampak menonjol. Terutama saat pengerjaan kegiatan fisik. Seperti pembangunan talud hingga rehab masjid dan rumah tidak layak huni. “Pembangunan fisik itu memang menjadi perhatian warga Balecatur,” ungkapnya.

Hal itulah yang membuat suasana akrab kegiatan TMMD. Baik antara prajurit TNI, anak-anak, remaja, dan para tokoh masyarakat.

Tidak ada lagi sekat sosial di antara mereka. Usai bekerja para prajurit TNI berbaur dengan masyarakat. Berdiskusi tentang berbagai persoalan. Termasuk berbagi cerita tentang pengalaman mereka masing-masing.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku, keberadaan TMMD 103 bukan hanya membuat masyarakat senang. Tapi bangga, karena desa mereka menjadi sasaran program TMMD. Selain itu karena banyak rumah warga yang menjadi tempat menginap prajurit TNI. (*/yog/fj/mo2)