Empat Tewas dalam Kecelakaan Rombongan Pencari Pakan Ternak

GUNUNGKIDUL – Mobil pikap itu kehilangan kendali saat melintasi jalanan lurus nan bergelombang di Jalan Sambeng-Ngawen, Pedukuhan Batusari, Desa Kampung, Kecamatan Ngawen sekitar pukul 14.00 Senin (15/10). Sang sopir sempat mengerem. Yang terjadi laju kendaraan sarat muatan pakan ternak plus 13 penumpang itu justru kian tak terkendali. Mobil bercat hijau tua itu sempat berjalan meliuk-liuk sebelum roboh ke kiri. Brak!

Seluruh penumpang yang berada di bak terlempar ke bahu jalan penuh bebatuan. Bersama dengan muatan pakan ternak. Empat penumpang dipastikan tewas akibat kecelakaan tunggal ini. Yaitu, Minuk, Ngatinem, Harno, dan Sayem. Mereka dari satu desa. Yakni, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar.

Sembilan penumpang lainnya termasuk sopir mengalami luka-luka. Sebanyak lima di antaranya mengalami luka berat. Lainnya luka ringan. Semuanya dilarikan ke Rumah Sakit Khusus Bedah Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Mereka adalah Minto; Tukimin; Ahmad Setyawan; Dami; Wagiyo; Sujinem; Lagiman; Jumiyo; dan Darsono.

Dari informasi yang diperoleh, rombongan mobil nahas ini hendak pulang ke Ngeblak, Katongan, Nglipar. Setelah mencari pakan ternak di wilayah Klaten. Sembilan penumpang berada di bak. Tiga lainnya berada di depan di samping sopir.

Darsono, sopir pikap sempat menenangkan diri setelah kendaraan yang dikemudikannya mengalami kecelakaan. Sebelum warga berdatangan membantu proses evakuasi. ”Saya duduk di sebuah gubuk,” ucap sopir pikap nopol R 1522 PD dengan wajah syok.

Seluruh korban diangkut dengan kendaraan bak terbuka. Agar segera mendapatkan perawatan medis.

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko mengatakan, kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian perkara. Hasilnya, kecelakaan diduga karena jalan bergelombang dan truk kelebihan muatan. ”Sopir telah kami bawa ke Mapolres untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Menurutnya, semua korban tewas akibat luka di bagian kepala. Mereka adalah penumpang yang berada di bak pikap. Duduk di atas jerami tanpa menggunakan pengaman. (gun/zam/rg/mo2)