Diamankan Saat Nongkrong di Angkringan Babarsari

SLEMAN – Koordinasi antarpersonel kepolisian berhasil menangkap tersangka pencurian Kawasaki Ninja AB 5942 LU. Sang tersangka, Dedi Rahwanto, 28, ditangkap saat nongkrong di kawasan Babarsari Caturtunggal Depok. Pelaku diamankan Turjawali Sat Sabhara Polres Sleman.

Pria asal Banjarrejo Tanjungsari Gunungkidul ini melancarkan aksinya Jumat (12/10). Korbannya adalah temannya, Samuel Tri Aprianto, beralamat di Harjobinangun Pakem. Selain sepeda motor, pelaku juga menggondol gawai milik korban.

“Dia diamankan saat ada di sebuah angkringan kawasan Babarsari. Anggota Turjawali Sat Sabhara Polres Sleman melihat Kawasaki yang dilaporkan hilang, pelaku yang ada di lokasi langsung diamankan,” jelas Kapolsek Pakem Kompol Haryanto, Minggu (14/10).

Dari keterangan korban, pelaku beraksi sehari sebelumnya, Kamis (11/10). Modusnya pelaku pura-pura menginap di rumah korban. Saat korban lengah, pelaku beraksi dengan mengambil sejumlah barang milik korban.

Pada awalnya korban tidak menaruh curiga kepada pelaku. Namun bersamaan dengan hilangnya Ninja dan gawai pelaku juga pergi dari rumah korban. Saat korban mencoba menghubungi pelaku, juga tidak berhasil.

“Jadi keduanya memang berteman dan korban mempersilakan pelaku menginap. Awalnya izin menginap dua hari, tapi ternyata sampai dua minggu. Saat korban lengah, pelaku beraksi,” ujar Haryanto.

Pelaku melarikan motor dengan merusak kunci kontak. Kendaraan dibawa kabur pada Kamis dinihari (11/10). Sebelum tertangkap pelaku berhasil menjual gawai milik korban di Pasar Beringharjo.

“Uang hasil penjualan handphone untuk kebutuhan sehari-hari. Motor belum sempat dijual, masih digunakan untuk jalan-jalan,” katanya.

Kanit Reskrim Polsek Pakem AKP Nasrudin mengungkapkan tersangka adalah residivis. Setidaknya tercatat pria kelahiran 1990 ini sudah dua kali masuk Lapas Wonosari. Kasus kriminal yang menjerat pelaku tak jauh dari curanmor.

Terkait penangkapan, merupakan kerjasama Turjawali Sat Sabhara Polres Sleman dan Opsnal Polsek Pakem dan Opsnal Depok Timur. Pelaku ditangkap Jumat sore usai nongkrong. Pelaku mengakui aksinya dan tidak melakukan perlawanan.

“Sebelum dibawa ke Polsek Pakem sempat diamankan di Pos Sabhara Babarsari. Dia tergolong kambuhan, karena aksi kriminalitasnya mengulang,” jelas Nasrudin. (dwi/iwa/zl/mo2)