JOGJA – Apa jadinya jika seorang Polwan yang juga Kapolsek berperan sebagai Srikandi saat main ketoprak? Lawan mainnya adalah seorang Camat. Suasana gerrr yang terjadi.

Itulah gambaran Festival Kangen Jogja di Alun-Alun Kidul sabtu malam (13/10). Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti terlihat anggun dengan balutan kostum tokoh yang dikenal sebagai wanita jagoan dalam dunia pewayangan tersebut. Sedang Camat Kraton Widodo Mujiyatna ikut menjadi tokoh Semar yang selalu bijaksana dalam memberikan penasihat. Ditambah kostum dan karakter yang kocak, Semar yang tak henti-hentinya membuat penonton tertawa.

Gelaran acara yang menampilkan pentas, drama, musik dan tari ini merupakan agenda dari kecamatan Kraton yang didukung oleh Dinas Pariwisata Kota Jogja.

Menurut pembina karang taruna Festival Kangen Jogja, Egga Ratna Firdausi, selain memberikan hiburan, kegiatan tersebut juga sebagai wadah bagi karang taruna. Sebelas anggota karang taruna Kadipaten dibagi dalam beberapa pementasan pentas tari tradisional, menyanyi panyembrama dan grup musik campuran modern tradisional ini turut menjadi pemeriah.”Kami juga bertemu dengan teman-teman baru pada acara ini,” jelasnya.

Ega menuturkan dengan banyaknya agenda yang mewadahi para karang taruna ini bisa menimalisir tingkat kenakalan remaja yang ada di Kota Jogja. “Berbagai kegiatan di kampung selain memberikan edukasi juga menumbuhkan rasa gotong royong,” tuturnya.

Perempuan yang juga Ketua karang taruna Kadipaten itu menambahkan untuk ikut dalam acara ini, dia dan teman-temannya sudah berlatih lamasebelumnya. Salah satunya adalah musik pengiring pada drama pewayangan. “Sekitar 15-20 pemuda Kadipaten berlatih karawitan setiap minggunya,” terangnya.

Harapannya kegiatan seperti ini bisa terus didukung oleh pemerintah terkait. Yang dimana para pemuda-pemudi di Kota Jogja bisa terus berekspresi. Dan mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

“Agar para anggota karang taruna yang kebanyakan anak sekolah bisa terhindar aksi tawuran atau klitih,” ujarnya. (cr5/pra/er/mo2)