BANTUL- Kerja keras kelompok pemuda Pedukuhan Jomblangan membuahkan hasil. Berbekal dari pengelolaan sampah, kelompok pemuda yang tergabung dalam Persatuan Remaja Islam Masjid (Prima) Jomblangan Minggu (14/10) menggelar gerak jalan dan senam sehat. Bertempat di Lapangan Jomblangan, lebih dari 1.500 peserta tumplek blek mengikuti event yang baru kali pertama digelar itu.

”Tak disangka peserta melampaui target,” jelas Ketua Panitia Gerak Jalan dan Senam Sehat Muhammad Afif di sela acara.

Dia berharap event ini tidak sekadar menjadi seremoni. Lebih dari itu, juga sebagai momen untuk merekatkan persaudaraan para pemuda Jomblangan. Toh, kerja keras Prima dalam mengelola limbah rumah tangga selama ini terbukti membawa Jomblangan bebas sampah.

”Ada bank sampah yang dikelola para pemuda,” ucapnya.

Lurah Desa Banguntapan Basirudin berharap para pemuda di pedukuhan lain mencontoh peran Prima. Tidak hanya berperan dalam menjaga kebersihan pedukuhan, Prima juga mampu menjaga silaturahmi warga dengan beragam agendanya.

”Seperti olahraga gerak jalan dan senam sehat. Ini kan dapat meningkatkan kesadaran hidup sehat,” tuturnya.

Gerak jalan menempuh jarak sepanjang tiga kilometer. Rutenya mengelilingi Pedukuhan Jomblangan. Panitia juga memberikan doorprize kepada peserta. (cr6/zam/fj/mo2)