JOGJA – Antisipasi kesehatan selama musim pancaroba tidak hanya bagi manusia. Dinas Peternakan dan Pangan (DPP) Kota Jogja juga mengantisipasi dampak kesehatan bagi hewan. Diantaranya dampak penyebaran virus, seperti flu burung.

Kepala DPP Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan meski jumlah peternak unggas di Kota Jogja kecil tapi ancaman virus perlu diwaspadai. Antisipasi juga untuk hewan atau unggas lain yang dari luar DIJ yang dikirm ke Kota Jogja. “Karena penyeberan virus ini bisa melalui lalu lintas hewan ternak,” jelasnya.

Langkah dari Pemkot sendiri, melalui DPP Kota Jogja melakukan pendampingan dan pengawasan terkait datangnya musim pancaroba ini. Itu sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus atau penyakit dari hewan. “Yang paling penting adalah pada kelompok-kelompok besar agar tidak terkontaminasi penyakit dari luar,” jelasnya.

Selain itu langkah untuk meminimalisasi penyakit hewan juga dilakukan pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Sejumlah 45 kelurahan diberikan vaksinasi rabies gratis pada kegiatan ini.

Kepala Seksi Bimbingan Usaha Budidaya Kehewanan dan Perikanan DPP Jogja Dewi Rina Sari mengingatkan agar pemilik hewan waspada terhadap  rabies. Walau belum ditemukan kasus tentang penyakit ini, pemilik tetap harus menjaga hewan peliharaannya.

“Salah satunya dengan diberi suntikan vaksin,” jelasnya. (cr5/pra/er/mo2)