Empat Lowongan Hanya Ada Seorang Pendaftar

KULONPROGO – Peminat lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kulonprogo sangat timpang. Hingga Jumat (12/10) lalu hanya ada seorang pelamar untuk formasi khusus guru ahli pertama bagi siswa penyandang disabilitas. Padahal ada empat lowongan yang harus diisi. Informasi itu tertuang di laman jejaring Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo. Sementara pendaftaran CPNS ditutup Senin (15/10),

Kondisi ini berbanding terbalik dengan formasi guru kelas ahli pertama kategori umum. Sebanyak 647 pelamar harus bersaing untuk memperebutkan 226 formasi yang tersedia.

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan, BKPP Kulonprogo Raden Trusta Hendraswara mengatakan, syarat pelamar formasi khusus guru kelas ahli pertama bagi siswa penyandang disabilitas harus memiliki ijazah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mereka nantinya akan ditempatkan di SDN Depok, SDN Hargomulyo, SDN Ploso, dan SDN Terbahsari.

“Kami berharap formasi ini bisa segera terisi,” ungkap Trusta kemarin Minggu (14/10).

Kabid Pembinaan Ketenagaan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo Rohyatun Budi Respati menambahkan, sepinya peminat formasi guru bagi penyandang disabilitas menjadi keprihatinan tersendiri. Sebab, Disdikpora membuka formasi itu karena memang didasarkan kebutuhan. Demi pemerataan pendidikan inklusif. “Saat ini Kulonprogo belum memiliki guru pendamping khusus (siswa disabilitas, Red) sama sekali,” ungkapnya.

Sejauh ini pengajaran siswa inklusif di-handle guru sekolah luar biasa yang dikelola Dikpora DIJ. selain itu, proses pembelajaran siswa dilakukan oleh guru kelas biasa yang mendapat tambahan ilmu keinklusifan. (tom/yog/rg/mo2)