BANTUL – Komisi A DPRD DIJ memberikan dukungan Polda dan Kepolisian Resort Bantul untuk memproses hukum pelaku perusakan jelang prosesi sedekah laut di Pantai Baru Bantul. Tidak boleh ada pihak tertentu yang melakukan aksi kekerasan dan perusakan dengan alasan apapun.

“Kami dukung polisi lakukan proses hukum semua pelaku aksi perusakan di Bantul.  Apalagi yang disasar adalah kegiatan budaya nelayan di pesisir pantai selatan yang merupakan kekayaan budaya yang hidup di tengah masyarakat,” kata Ketua Komisi A DPRD DIJ Eko Suwanto, Sabtu (13/10).

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan, setiap tindakan aksi perusakan yang dilakukan oleh kelompok orang itu jelas merupakan pelanggaran hukum sekaligus tidak sesuai dengan moral dan etik yang berkembang dimasyarakat yang selama ini hidup berdampingan secara damai.

“Kekerasan ini juga nyata-nyata bertentangan dengan nilai keistimewaan DIJ yang didalamnya kita harus menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika,” kata Eko yang juga alumni Pemantapan Nilai Kebangsaan Lemhannas. (ila)