HARI KEENAM Honda DBL D.I.Jogjakarta Series 2018 di GOR UNY semakin seru tadi malam. Tiga pertandingan putri dan satu pertandingan putra digelar.

Tim basket putri SMA Stella Duce 1 (Stece) mengalahkan MAN 1 Jogja (Alnesa) 49-4. Memastikan Stece melaju ke big eight. Pada pertandingan pertama di Grup A, Stece menang atas SMA Pangudi Luhur.

Perolehan poin Stece cukup merata antara pemain inti dan second players. Miracle Astrid Widjanarko mengemas poin terbanyak dengan torehan 14 poin. Disusul Briggita Amanda yang turun dari bench dengan delapan poin.

Pelatih Stece Agus Arjatmoko puas dengan permainan anak asuhnya. Lolos big eight perlu disyukuri. Ketenangan dan kekompakan perlu terus dijaga.

Sementara itu, Pelatih Alnesa, Zainal Muttaqin menyadari defense masih belum membaik. Sehingga bisa mudah diterobos dan margin kekalahan juga cukup besar.

Tim putri SMAN 9 Jogjakarta (Trappsila) memberikan kekalahan kedua bagi SMA Muhammadiyah 1 (Muhi). Muhi sebelumnya kalah melawan SMAN 6 Jogjakarta (Namche) di game pertama Grup C.

Semalam, Muhi kalah dengan skor 23-5. Forward Griselda Yagenta menjadi pemain Trappsila dengan torehan poin terbanyak, sembilan angka. Diikuti koleganya Silvia Kesia dengan enam poin. Dari Muhi, lima poin disumbangkan Fadillah Hayyu dan Fauziah Ilma Ristiyani.

Pelatih Muhi Surya Suprayogi mengatakan, kendati kalah, dia senang instruksi di lapangan dapat dipraktikkan pemainnya. Permainan semalam juga lebih baik dibanding saat kalah dari Namche.

Sedangkan Pelatih Trappsila, Pramanta Dicky Rosandy menyebut, meskipun menang dia belum puas. Menurutnya dari sisi permainan belum solid. Sisi positifnya, strategi yang diharapkan pelatih sudah bisa berjalan.

Pada laga lain, tim basket putri SMAN 1 Wates (Casello) kembali menelan kekalahan. Setelah sebelumnya kalah dari SMAN 1 Sewon, tadi malam Anita Fajar Suparwati dkk kalah dari SMAN 8 Jogjakarta (Delayota) di Grup B. Hasil itu menutup peluang mereka melaju ke big eight.

Kemenangan Delayota membuka peluang mereka melaju ke big eight. Syaratnya, mereka harus menang melawan SMAN 1 Sewon pada laga Jumat (12/10).

Delayota menang atas Casella dengan skor 15-10. Anita Fajar yang mencetak tujuh poin tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Pelatih Casello, Resan Satria Arby mengapresiasi kerja keras pemainnya. “Kelemahan kami masih kurang fokus, banyak turn over dan defense lemah,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelatih Delayota, Denisa Rahman Arsito menyebut, kunci kemenangan timnya adalah menjaga ritme permainan. Serta berusaha terus mencetak angka. “Selanjutnya melawan SMAN 1 Sewon offense dan defense perlu diperbaiki. (riz/iwa)