JOGJA – Rumah Pemulihan Gizi (RPG) di Jalan Mayjen Sutoyo Mantrijeron Jogja mulai diperbaiki. Rencananya bangunan tersebut akan dimanfaatkan sebagai perpustakaan Kota Jogja di wilayah selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan Kota Jogja Wahyu Hendratmoko juga menceritakan selain menambah gedung perpustakaan di wilayah selatan, tahun kedepan akan ada penambahan di sisi timur dan barat.

“Namun ini masih dalam proses pembahasan. Serta penelitian lokasi mana yang mempunyai potensi untuk dibangun perpustakaan,” katanya Rabu (10/10).

Wahyu juga menjelaskan pengadaan gedung  baru ini didasari karena banyaknya minat masyarakat yang datang ke perpustakaan. Dia menceritakan dengan perbandingan 450.000 jiwa warga kota 45-60 ribu orang rutin datang ke perpustakaan.

“Sehari petugas perpustakaan bisa melayani 1500 hingga 1600 orang perharinya,” jelas mantan Kepala Bagian Protokol Kota Jogja itu.

Nantinya fasilitas yang ada di gedung perpustakaan baru ini juga tidak jauh berbeda dengan perpustakaan yang ada di Jalan Suroto. Fasilitas berupa wifi dan digital library yang menyediakan e-book juga akan tersedia di perpustakaan baru ini. (cr5/pra/zl/mo2)