Tak Ada Calon, Desa Kemutuk, Tempuran Dibatalkan

MUNGKID-Satu desa dipastikan tidak bisa melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan Pemkab Magelang 14 Oktober mendatang. Desa Kemutuk, Tempuran karena tidak adanya calon yang maju. Dengan demikian, praktis hanya 49 desa di 16 kecamatan yang melaksanakan pilkades. Jumlah itu dari 365 desa dan 21 kecamatan di Kabupaten Magelang.

”Semua persiapan sudah dilakukan dan siap digelar,’’ kata Penjabat (Pj) Sekda Pemkab Magelang, Endra Endah Wacana, Rabu (10/10).

Dijelaskan, pembatalan pilkades di Kemutuk telah diantisipasi oleh Pemkab Magelang. Desa Kemutuk kemungkinan akan ikut yang tahun depan. Solusinya ditunjuk penjabat kepala desa untuk mengisi kekosongan.

Di sisi lain, Pemkab Magelang pun menyambut baik dukungan dari Polres Magelang, Kodim 0705/Magelang, Linmas dan unsur lainnya dalam pengamanan Pilkades 2018. Selain itu, netralitas aparatur sipil negara (ASN) juga diuji dalam gelaran ini. Pemkab optimistis Pilkades dapat berjalan dengan baik tanpa kericuhan dan kecurangan. “Karena panitia penyelenggara dan unsur pengamanan telah siap,’’ jelasnya.

Menurut Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, dukungan pengamanan dalam Pilkades 2018 sebanyak 1.127 personel. Mereka terdiri dari 541 Polri, 245 TNI, 80 Satpol PP, 245 Linmas, dan 16 Kasi Trantib Kecamatan. “Setiap TPS ditempatkan sembilan personel Polri, lima TNI, dan lima Linmas,’’ ungkap Eko.

Dalam tahun politik ini, lanjut Eko, pihaknya juga banyak melakukan kegiatan cooling system sebagai media untuk mengendorkan syaraf masyarakat agar tidak terpusat pada kegiatan politik saja. Kegiatannya berupa lomba voli, keluyuran kamtibmas, safari Salat Maghrib dan kegiatan lainnya agar masyarakat tidak tegang dalam menghadapi tahun politik.

Kapolsek Tempuran AKP Moh Buhrom, Camat Tempuran Daryoko Umar Singgih dan Danramil Kapten Arm Wadi, melaksanakan silaturahmi ke para calon kepala desa (cakades) di lima desa, kemarin. Yakni Desa Ringinanom, Growong, Temanggal, Pringombo, dan Desa Bawang. Dalam kesempatan itu, disampaikan pesan-pesan Kamtibmas. (dem/din/mo2)