Lentera Aksara Rutin

Buka Lapak di UMBY

JOGJA – Langkah para mahasiswa di Kampus III Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang konsisten menggelar buku-buku bacaan ini patut mendapat apresiasi. Mereka setiap hari Selasa dan Rabu membuka lapak di Ruang Teatrikal. Tujuannya, agar dibaca oleh teman-temannya sesama mahasiswa.

Ya, mereka menggelar lapak buku-buku bacaan karena prihatin minimnya minat membaca di kalangan mahasiswa.

Kelompok mahasiswa ini menamakan diri Lentara Aksara. “Kami mengajak teman-teman mahasiswa untuk senang membaca. Setidaknya di kampus kami sendiri,” ujar Tegar Pratama, salah seorang pengurus Lentara Aksara.

Lentera Aksara pun menjadi tempat berkumpulnya para pegiat literasi di kampus UMBK. Komunitas ini dibentuk akhir tahun 2016. “Kami mencoba membuat sesuatu yang paling tidak bisa mengubah masih kurangnya minat membaca di kalangan mahasswa, khususnya di kampus kami,” jelas Tegar.

Selain membuka lapak buku, komunitas ini juga sering mengadakan diskusi kecil-kecilan. ‘Ya, sambil buka perpus kami juga selingi dengan diskusi dan menulis. Tulisan dibuat dalam bentuk zine, isinya random sih. Kadang-kadang review buku, kadang menulis puisi atau isu-isu yang lagi ramai,” ungkapnya.

Dalam perjalanannya selama membangun komunitas ini, Tegar mengaku ada tantangan tersendiri karena tidak mudah mengajak teman-temannya bergabung. Oleh karena itu, sasarannya kini lebih banyak ke para mahasiswa baru. Untuk jenis bukunya beragam, mulai buku-buku sosial, filsafat, politik, komunikasi, hingga fiksi.

Pengurus yang aktif di komunitas ini ada enam orang. Tegar berharap ke depan ada lebih banyak lagi temannya yang bergabung, sehingga terjadi regenerasi. Dengan demikian, komunitas ini terus berjalan dan budaya membaca semakin marak di kalangan mahasiswa. (mg/laz/er/mo2)