PURWOREJO-Objek wisata (obwis) Pantai Jatimalang tahun ini akan memiliki wajah baru. Proses penataan dengan anggaran Rp 5 miliar telah dilakukan sejak 28 Agustus lalu dan dan akan berakhir 25 Desember mendatang.

“Penataan meliputi  pembuatan panggung, gapura, taman plaza dan patung Dewa Ruci setinggi enam meter,’’ kata  Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Stephanus Aan.

Menurutnya, untuk tahun ini dialokasikan sekitar Rp 5 miliar dan tahun depan ditambah  Rp 8,5 miliar.P roses pengerjaan memang cukup berat karena beberapa kontain seperti plaza, panggung, gapura dan lainnya lebih banyak ke seni.

Ditambahkannya, proses penataan memang cukup berat. Sebab, juga harus memindahkan 46 warung yang saat ini ada di sisi timur. Mereka selanjutnya diarahkan pindah ke sisi barat. Pemindahan dilakukan bertahap. Tahun ini sebanyak 20 unit ke kios kuliner yang telah dibangun. Sisaanya akan dipindahkan tahun depan.

“Mereka selama ini menempati tanah Negara,’’ jelasnya.

Kepala Dinparbud, Agung Wibowo mengatakan, Taman Plaza yang akan dibangun berbentuk lingkaran berdiameter 60 meter dengan patung Dewa Ruci di tengahnya, serta ada tulisan Jatimalang dan Dewa Ruci. Dari plaza ini pengunjung bisa menikmati suasana pantai serta melihat pemandangan pantai dan laut dengan lebih luas.

”Dengan penataan dan pembangunan kawasan ini Pantai Jatimalang bisa lebih menarik bagi pengunjung,’’ kata Agung. (udi/din)