BANTUL – Belum ada pembenahan akses menuju pendapa atas di objek wisata Gua Selarong. Sehingga pengunjung tak dapat menikmati pemandangan dari atas bukit tersebut. Akses tersebut ambrol awal tahun lalu lantaran hujan deras.

Salah satu pengunjung Ariyanto, 41, asal Suryawijayan, Jogjakarta mengatakan putusnya akses tersebut amat disayangkan. Sebab bangsal ini merupakan tujuan utama para pengunjung. Biasanya di bangsal bisa melihat jajaran bukit-bukit dari kejauhan.”Sebaiknya segera diperbaiki,’’ sarannya.

Senada disampaikan pengunjung asal Palembang Abdul Kurana. Dia meminta pemerintah segera turun tangan. Sebab kalau tidak segera ditangani, pengunjung akan merasa tidak nyaman ini. Menurutnya, Gua Selarong merupakan objek wisata bersejarah.

”Kalau ada kerusakan harus segera ada perbaikan,’’ ujarnya.

Pengelola TPR Gua Selarong Mursidi mengatakan belum ada perbaikan terkait akses tersebut. Pembangunan memang sedang digencarkan. Informasinya dinas pariwisata akan dilakukan penataan wisata.

Pembangunan memang sudah di mulai sejak dua bulan lalu. Membuat fondasi dan bangunan untuk pemutaran film. “Namun kalau pembenahan akses menuju bangsal memang belum dilakukan,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru P mengungkapkan pembangunan tersebut bukan wewenang dispar. Sebab Dispar hanya berwenang melakukan penataan terkait taman dan bangunan tempat pemutaran film. Pembangunan tersebut menggunakan Danais.”Berkaitan dengan pengelolaan cagar budaya Goa Selarong, itu juga kewenangan Dinas Kebudayaan,” ungkap Kwintarto. (cr6/din)