PURWOREJO – Pasangan Farid Aji Nugroho (SMAN 6)-Zahwa Octa Violiena (SMAN 7) dinobatkan sebagai Bagus Roro Pruworejo 2018 terbaik. Mereka mengalahkan 9 pasangan lainnya dalam grand final Bagus roro Purworejo 2018 di Gerbang Upacara Alun-Alun Sabtu malam (29/9).

Mereka akan menjalani tugas setahun ke depan menggantikan pasangan sebelumnya, Galih Gerranda Vibra Ramadhani-Elvira Putri Ceisaria.

Penobatan pasangan baru itu ditandai dengan penyerahan keris untuk Bagus dan mahkota untuk Roro oleh Galih-Elvira kepada Farid-Zahwa. Selain menentukan juara, dewan juri juga menetapkan empat pasangan lain sebagai Duta Wisata Purworejo. Adapun total pasangan yang lolos hingga menjadi finalis sebanyak 10 pasangan.

Prosesi grand final yang dihadiri sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Purworejo dan Ketua Paguyuban Bagus Roro Fatimah Verena Prihasytari berjalan menarik.

Pemilihan panggung terbuka yang baru dilakukan kali ini menjadikan masyarakat lebih leluasa menikmati sajian tersebut. Selain itu penataan gerbang upacara yang dilengkapi dengan gunungan dan pernak-pernik dedaunan dengan dukungan tata lampu menarik menjadikan suasana sangat berbeda. Garapan tari yang dilakukan oleh Purnomo Rianto juga semakin menyemarakkan acara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo mengaku sengaja memilih panggung terbuka dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Utamanya untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Kesan mewah yang dimunculkan dari tampilan itu diharapkan juga mampu mempromosikan event pariwisata di Kabupaten Purworjeo.

“Ajang pemilihan Bagus Roro ini bisa menjaring kader-kader muda Bagus Roro Purworejo yang bisa menjadi mempromosikan pariwisata Purworejo ke depan dalam berbagai hal,” kata Agung.

Ditambahkannya, sebelum mengikuti grand final, seluruh finalis menjalani proses karantina di mana mereka mendapatkan berbagai bekal pengetahuan. Polesan itu dilakukan agar para finalis memiliki pengetahuan yang lebih dibandingkan masyarakat umumnya tentang berbagai potensi di Kabupaten Purworejo.

Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata Dinparbud Purworejo Andang Nugerahatara Sutrisno mengatakan, 20 finalis atau 10 pasangan Bagus Roro selain menentukan juara dan empat wakil Bagus Roro Purworejo 2018, dalam pemilihan itu juga dipilih predikat terbaik untuk beberapa kategori.

“Penilaiannya tidak hanya di malam grand final saja, tapi selama tahapan seleksi sudah dilakukan penilaian,” ungkap Andang.

Tujuh kategori berpredikat terbaik di antaranya busana terbaik Roro disabet Afshih Dina Prawesty, Brian Ardhiraja Falah untuk busana terbaik Bagus dan Pungkas Jati untuk komunikasi bahasa asing terbaik. juara persahabatan direngkuh Farid Aji Nugroho, sedangkan juara intelegensia diraih Leandro Krista Arnita.

Sementara untuk juara kepribadian berpihak kepada Zahwa Octavioliena dan bakat seni terbaik mampu ditunjukkan Carolina Meriska Yulianti. (udi/zam)