GUNUNGKIDUL – Mimpi Sugeng Handoko memperkuat sistem pengairan melalui perbaikan pengelolaan sumber mata air dan pembangunan sumur resapan di Desa Nglanggeran Gunungkidul mendapat bantuan. Mereka adalah SepuluhSobat Air ADES terpilih terlibat langsung dalam kegiatan konservasi air yang bernama Conservacationselama empat hari yaitu dari tanggal 19 hingga 22 September lalu.

Marketing Manager Hydration, Coca-Cola Indonesia Mohamad Rezki Yunus menjelaskan  ADESsebagai merek air minum dalam kemasan yang merupakan bagian dari PT Coca-Cola Indonesia, kembali memperkuat komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“ADES memberikan wadah untuk mengajak dan mempertemukan generasi muda dari beragam daerah dan latar belakang namun memiliki visi yang sama untuk mengikuti kegiatan Conservacation. Ini merupakan wujud dari semangat kami Cintai Air, Cintai Hidup,“ katanya Minggu (23/9).

Conservacation (conservation vacation) adalah kegiatan aksi lingkungan yang melibatkan masyarakat untuk bergabung menjadi Sobat Air ADES bersama dengan Pejuang Air ADES. Sugeng Handoko termasuk salah satu Pejuan Air ADES di Gunungkidul. SepuluhSobat Air ADES yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut terpilih dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan akan dilakukan di area konservasi air dua Pejuang Air ADES yaitu Desa Nglanggeran, Gunungkidul dan Desa Bea Muring, Nusa Tenggara Timur selama masing-masing maksimal enam hari. Inilah aksi generasi muda Indonesia, dari beragam daerah dan latar belakang, bergerak bersama melakukan tindakan nyata untuk alam Indonesia khususnya konservasi air dan pengelolaan air yang berkelanjutan.

Lebih lanjut Rezki mengatakan kegiatan Conservacationmemiliki keunikan karena melibatkan generasi muda dengan berbagai latar belakang untuk dapat belajar serta berkontribusi langsung dalam konservasi dan pengelolaan air yang berkelanjutan, sekaligus menikmati keindahan alam Indonesia.

“Kami berharap nantinya Sobat Air ADES akan menjadi penggerak upaya konservasi dan pengelolaan air di daerah asal mereka,” tuturnya

Selain berkontribusi langsung untuk konservasi air, SepuluhSobat Air terpilih akan mendapatkan materi dari para ahli di bidangnya masing-masing seperti pentingnya konservasi air bagi kehidupan, paparan mengenai hidrologi dan siklus air, serta pemahaman, cara membangun, hingga kegunaan sumur resapan.

“Kami berharap, semua materi dan pengalaman di lapangan dapat menambah wawasan dari Sobat Air ADES dalam konservasi dan pengolaaan air berkelanjutan. Dan terus bersama-sama kami untuk mendorong masyarakat disekitar untuk Cintai Air, Cintai Hidup” jelas Rezki. (pra/ong)