PURWOREJO – Jalanan protokol dalam kota dilalui ribuan peserta pawai ta’aruf dalam rangka milad ke-54 Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), kemarin (21/9). Kegiatan itu diikuti 950 mahasiswa baru serta civitas akademika UMP.

Panitia kegiatan Hermawan mengungkapkan, pawai itu menjadi tradisi tahunan kampus terbesar di Kabupaten Purworejo ini. Sekaligus mengajak mahasiswa baru menyapa masyarakat yang ada di sepanjang jalan.

“Rute yang ditempuh 5 kilometer dan selesai dalam satu jam. Kami sengaja mengambil rute yang mengambil jalur dalam kota. Sekaligus memberikan pemahaman kepada mahasiwa baru, khususnya yang dari luar kota,” tambahnya.

Selama ini keberadaan UMP sendiri telah dikenal luas dan mahasiswanya tidak hanya dari Purworejo. Mahasiswa baru dari kabupaten tetangga banyak yang menimba ilmu.

“Tahun ini ada peningkatan jumlah mahasiswa baru dibanding tahun sebelumnya yang ercatat sekitar 800 lebih. Sekarang mencapai 950 maba di lima fakultas dengan 15 prodi,” ungkap Hermawan.

Ketua Panitia PPKKMB 2018 Ismawati Ike Nugraheni mengatakan, kegiatan yang digelar selama empat hari dari Senin (17/9) hingga Kamis (20/9) menitikberatkan pada upaya membangun komitmen akademik secara optimal dan konsisten, dengan penyajian materi tentang sistem akademik perguruan tinggi, realisasi pengamalan AIK di UMP, SOTK universitas, dinamika kegiatan kemahasiswaan dan pengembangan kreativitas kemahasiswaan melalui ekspo UKM, HIPMI, dan Masta IMM.

Sementara itu, Rektor UMP Supriyono menyampaikan PPKKMB adalah sebuah wahana untuk mengenalkan dan membekali maba terkait dinamika kampus yang berbeda dengan masa SMA/SMK. Selain itu, mengarahkan maba untuk mengenal lebih dekat dan memahami kehidupan kampus UMP yang bercorak ilmiah dengan tetap menjunjung tinggi nilai akhlakul karimah. (udi/laz)