KULONPROGO – Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI Henri Subiakto kembali menghadiri pertunjukan rakyat Pangkur Jenggleng Ayom Ayem.

Kali pertunjukan rakyat itu diadakan di lapangan Mbabrik, Karangsewu, Galur, Kulonprogo. Pentas yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI itu berlangsung pada Jumat (14/9) malam.

Henri dalam pesannya mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mendukung setiap bentuk pertunjukan rakyat. Selain Pangkur Jenggleng Ayom Ayem, instansinya mendukung pagelaran seni seperti ketoprak, wayang kulit, ludruk dan kesenian rakyat lainnya.

Lewat pertunjukan rakyat itu, Henri berharap sebagai upaya nyata pemerintah melestarikan budaya yang ada di tengah masyarakat. Dia juga mengajak warga bijak menggunakan media sosial.

“Gunakan media sosial secara arif. Jaga ketertiban, ketentraman serta jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ajaknya di depan ribuan masyarakat yang memadati lokasi.

Pertunjukan rakyat itu juga menampilkan sejumlah tokoh seperti Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ahmad Hanafi Rais, Ahmad Mumtaz Rais, Wabup Kulonprogo Sutedjo dan Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto. Selain itu ada juga artis pendukung seperti Yu Beruk, Dimas Tejo Blangkon dan lainnya.

Hanafi dalam sambutannya mengatakan, pertunjukan rakyat di lapangan Mbabrik itu dalam rangka mendekatkan dengan masyarakat. “Mereka yang ingin menyaksikan shooting Pangkur Jenggleng Ayom Ayem tidak perlu harus ke studio TVRI Jogja. Tapi cukup ke lapangan Mbabrik ini,” ungkap Hanafi. (kus)