JOGJA – Honda DBL D.I Jogjakarta Series 2018 bukan hanya mempertandingkan basket antar-SMA. Ada juga kompetisi dance antarsekolah. Sebelum tampil pada 5-20 Oktober 2018 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), sebanyak 52 tim dance sudah lebih dulu adu kemampuan di Roadshow UBS Gold Dance Competition di Atrium Hall Plaza Ambarrukmo kemarin (20/9).

Sejak pukul 14.00 hingga 21.00 semua semua tim dance tampil optimal. Tema yang ditampilkan pun beragam. Salah satunya, tim non pendamping SMAN 1 Sewon, Bantul, yang tampil bak prajurit Wakanda dalam film Black Panther.
Kapten Tim Dance SMAN 1 Sewon Maria Alana mengatakan, konsep super hero seperti Captain Amerika dan Wonder Woman sudah sering diangkat. Makanya, dia ingin tampil beda dengan menampilkan prajurit Wakanda. ‚ÄúSelain unik, filmnya juga booming. Semoga konsep kami bisa diterima oleh masyarakat,” ungkapnya.

Bukan Jogja kalau tak tampil beda. Sebagian peserta memang ada yang berniat mengejar juara. Tapi, tak sedikit peserta yang justru sengaja ingin menghibur para penonton. Seperti tim dance SMAN 1 Piyungan. Sebagai tim baru di Honda DBL D.I Jogjakarta Series 2018, penampilan mereka mencuri perhatian dan gelak tawa hadirin yang memadati Atrium Hall Plaza Ambarrukmo kemarin.

“Kami cowok semua, tapi macak jadi cewek. Enggak malu karena memang ingin tampil gayeng dan menghibur. Dengan mencuri perhatian penonton nama sekolah kami bisa makin terkenal,” ujar Oktavio Fajar, salah seorang anggota dance SMAN 1 Piyungan.

Anwar Basily, salah seorang juri Roadshow UBS Gold Dance Competition, menilai, tahun ini Jogja makin kompetitif. Kemampuan masing-masing peserta hampir setara.

“Ini menunjukkan gengsi UBS Gold Dance Competition semakin meningkat dari tahun sebelumnya. Semua tampil oke, sehingga para juri kesulitan menentukan yang terbaik. Jarak poinnya tipis,” ujar supervisor event DBL Indonesia itu.

Untuk menjadi juara UBS Gold Dance Competition, para peserta harus mencapai nilai maksimal saat roadshow kemarin. Ini karena 50 persen penilaian diambil saat roadshow. Sisanya pada penampilan perdana para peserta di GOR UNY Oktober mendatang. (ata/yog)