BANTUL-Penyanyi asal kota Solo Didi Kempot baru saja menerima penghargaan sebagai musisi bertalenta dengan lagu-lagu bertemakan destinasi wisata oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM). Ketua STIPRAM Suhendroyono mengatakan, komitmen tinggi Didi Kempot untuk promosikan pariwisata lewat lagu-lagunya yang terkenal hingga mancanegara menjadi alasan utama STIPRAM memberikan penghargaan.

“Sebagai perguruan tinggi di bidang pariwisata, kami menyadari pengelolaan dan promosi pariwisata tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah. Sikap aktif dari perguruan tinggi dan masyarakat termasuk seniman seperti Didi Kempot ini juga turut berkontribusi,” jelas Suhendroyono dalam acara Dies Natalis ke-17 STIPRAM di Auditorium, Senin (17/9).

Menurutnya, karya Didi Kempot dalam lagunya Sewu Kuto, Solo Balapan, dsb patut diapresiasi karena telah ikut mempromosikan tempat-tempat pariwisata di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Didi Kempot mengaku senang bisa menerima penghargaan tersebut. Dia menceritakan salah satu alasannya menciptakan lagu bertema tempat-tempat wisata karena melihat banyak lokasi pariwisata di Indonesia.

“Di tempat-tempat wisata itu kan banyak anak muda berpacaran dan memadu kasih, saya kemudian terinspirasi menulis lirik tema tempat pariwisata yang ada bumbu cintanya,” ujar penyanyi yang terkenal dengan lagu Sewu Kuto-nya tersebut.

Didi mengaku akan terus menulis lagu-lagu dengan memasukkan lokasi wisata di Indonesia. Dia juga berharap agar para seniman lain terutama generasi muda bisa mengikuti jejaknya dengan mengangkat kearifan lokal di sekitarnya.

“Jangan malu dan jangan takut untuk mengangkat budaya kita, bahasa ibu kita. Dengan saya menyanyikan lagu jawa saya jadi dikenal di luar negeri, sering diundang untuk menghibur masyarakat di sana seperti di Belanda, Suriname, dan negara-negara lainnya,” ungkapnya. (ita/ong)