SLEMAN – Sosok Sambudi tidak asing dengan sistem pemerintahan. Sebab sejak 2014 hingga 2019, dia menjabat sebagai anggota DPRD DIJ. Sambudi bergabung dengan Partai Nasdem Dapil VI Sleman Utara yang meliputi Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Ngaglik, Pakem, Cangkringan, Sleman, Turi, dan Tempel.

Sambudi mengaku mencalonkan diri sebagai bacaleg karena dukungan dari orang-orang di sekitarnya. “Anggota DPRD wajib nyaleg,” ungkapnya saat Morning Tea with The Candidate di Kantor Radar Jogja.

Sesuai dengan Partai Nasdem tempatnya berlabuh, dia pun mengedepankan restorasi gerakan aspek berbangsa. “Yang baik dipertahankan dan yang kurang baik diperbaiki,” ungkap pria kelahiran 1960 ini.

Dia pun akan mendukung program pemerintah dan partai. Contohnya bekerja sama dengan dinas terkait dalam merealisasikan program untuk masyarakat.

“Misal tentang kesehatan ya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Sementara sebagai tugas legislatif, dia akan berusaha bertanggung jawab dalam menyusun APBD, Perda, dan melakukan pengawasan aspirasi masyarakat.

“Langsung datang ke masyarakat, mengembangkan enterpreneurship,” tutur Sambudi yang menyukai kegiatan berternak dan bercocok tanam.

Sambudi mengaku tak hanya dirinya yang mencalonkan diri sebagai bacaleg tahun depan, melainkan sang istri Heni Suryani juga mendapat mandat yang sama di partai yang sama.

“Harapan kepada masyarakat jadilah pemilih yang cerdas. Bisa menentukan pilihan dengan bijak dan mengetahui record-nya,” tambahnya. (cr6/ila)