JOGJA dan Solo merupakan kota yang bertetangga dan sama-sama banyak menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Ke dua kota ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan kota yang lain, yakni harga kebutuhan hidup yang murah dan masyarakat yang ramah.

Meski secara geografis letak Jogja dan Solo tidak terlalu jauh, Jogja dan Solo ini beda adanya. Salah satu perbedaan yang paling terasa adalah suasana ketenangan kota.

Jika kamu bosan dengan keramaian Kota Jogja, cobalah untuk berganti suasana menuju ke Solo. Tak butuh waktu lama kok, hanya sekitar 40-50 menit saja menggunakan kereta api, kamu sudah bisa sampai di Solo dengan santai.

Harga tiket kereta Jogja-Solo pun bervariasi, kamu bisa menebusnya mulai dari Rp 80.000 saja. Adapun gerbong kereta yang melayani jadwal kereta Jogja-Solo ini antara lain adalah Malabar, Bima, Mutiara Selatan, Gajayana, Argo Lawu, Senja Utama Solo, Sancaka, dan masih banyak yang lainnya. Info lengkap jadwal kereta dari Jogja ke Solo bisa kamu lihat di website resmi Traveloka ya.

Saat liburan tiba, jadwal kereta Jogja-Solo akan dipadati oleh penumpang dari berbagai daerah. Karena itu, usahakan untuk memesan tiket dan rajin mengecek jadwal kereta Jogja-Solo ini dari jauh-jauh hari. Pemesanan tiket kereta ini bisa dilakukan secara online di website resmi PT KAI atau partner resmi seperti Traveloka.

Selain cara di atas, kini ada tips terbaru yang bisa kamu terapkan. Yakni mengaktifkan notifikasi Train Seat Alert Traveloka. Fitur ini akan sangat memudahkanmu untuk mendapatkan kursi kereta yang kamu inginkan. Seat alert langsung akan mengirimkan notifikasi ketika tiket kereta idamanmu sudah mulai dijual. Mereka juga mengirimkan notifikasi ketika tiket yang sebelumnya habis akan dijual kembali.

Adapun cara untuk mengaktifkan notifikasi train seat alert. Yang pertama, silakan install aplikasi Traveloka terlebih dahulu di ponsel pintar kamu. Setelah itu, masuklah ke menu train seat alert dan masukkan rute tiket kereta yang kamu inginkan. Jangan lupa juga untuk mengisi tanggal keberangkatan yang kamu inginkan. Jika notifikasi sudah masuk, kamu bisa langsung memesan tiket pilihanmu dengan mudah.

Sekarang tak perlu takut lagi kehabisan tiket kereta ke tempat tujuan. Dengan satu tombol saja, semua masalah tentang ketakutanmu tersebut telah terselesaikan. Sebagai informasi, Traveloka adalah satu-satunya partner resmi PT KAI yang memiliki fitur train seat alert seperti ini lho. So, liburan ke Jogja lanjut ke Solo dan belajar berbagai budaya yang ada di kedua kota tersebut yuk. Jangan lupa juga untuk mencicipi sajian kuliner yang ada di dua kota cantik tersebut ya. (*/ila)