SLEMAN – Ingin berjuang dan mendampingi masyarakat agar maju dan lebih sejahtera lewat bidang kesenian dan kebudayaan. Itulah harapan yang ingin diwujudkan oleh Sarjana.

Pria asal Dusun Joho, Condongcatur, Sleman ini pun memilih jalur politik melalui Partai Perindo dan maju sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) daerah pemilihan (Dapil) VI.

“Saya diminta masyarakat, khususnya wilayah Sleman Utara untuk maju menjadi caleg,” ujar Sarjana yang saat itu mengenakan hem putih dengan lambang Perindo di dada kirinya.

Partai Perindo dipilih Sarjana karena visi dan misinya sejalan dengan kemauannya dalam menyejahterakan masyarakat. Dia bahkan sudah 9 tahun berkomitmen bersama Perindo.

“Sejak Perindo berdiri di Jogja saya langsung bergabung,” ujar bacaleg yang memiliki hobi olahraga ini.

Meski rekan-rekannya berpindah partai, Sarjana tetap bertahan di Perindo. Tujuan yang dimiliki Perindo sejalan Sarjana, yakni berjuang dan memajukan masyarakat. Sementara itu, aspek budaya dan kesenian menjadi salah satu strateginya untuk menggaet suara.

Kesenian jathilan misalnya, diakui Sarjana sebagai salah satu kesenian dan budaya yang paling diminati masyarakat. Dibandingkan ketoprak, antusiasme warga saat menonton jathilan sangat tinggi.

“Dari tingginya antusias penonton, Karang Taruna setempat bisa memanfaatkan usaha parkir dan keamanan,” ucap pria yang lama berkecimpung di dunia media.

Ini dinilai sebagai salah satu cara menyejahterakan rakyat dari segi ekonomi dan budaya. Tak hanya itu, Sarjana juga melihat adanya potensi ekonomi dari kerajinan tangan warga.

“Banyak warga khususnya di dusun saya bisa mengolah limbah plastik menjadi kerajinan,” jelas Sarjana.

Potensi kerajinan tangan tersebut rencananya menjadi salah satu program jika dia terpilih menjadi anggota dewan. Sarjana berharap bisa memajukan UMKM dari kerajinan itu. “Agar nantinya warga bisa lebih mandiri dan maju dari segi ekonomi,” ungkapnya. (cr9/ila)