JOGJA – Sebagai salah satu kegiatan memeriahkan HUT ke-66 SMAN 10 Jogja digelar pameran lukisan hasil karya siswa-siswi di aula sekolah, Senin (3/9). Setidaknya ada 150 lukisan yang dipajang di aula dan selasar kelas sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 10 Jogja Basuki mengatakan, tema yang diusung dalam lukisan tersebut adalah Budaya Nusantara. Tema ini dipilih sebagai representasi sekolah yang berbasis multikultural.

“Murid yang belajar di sini tidak semua asal Kota Jogja, dari beberapa daerah di luar Jawa, suku, adat, dan agama serta budayanya juga bermacam-macam. Sekolah ini menampung siswa Nusantara oleh sebab itu tema tersebut sangat bagus dan pas sekali,” ujarnya siang itu.

Basuki menceritakan, lukisan yang dipajang tersebut murni hasil para siswanya. Dia melihat langsung pengerjaan lukisan selama tiga hingga empat hari sebelum pameran berlangsung. Lukisannya pun beragam ada yang melukis siswa dengan mengenakan baju adat, tempat-tempat ibadah, bangunan candi, tarian tradisional.

Guru Seni Budaya SMAN 10 Jogja Meilina Mirasari mengatakan, pameran lukisan ini baru pertama kali diselenggarakan sebagai kegiatan untuk memeriahkan hari ulang tahun sekolah. Selain ingin menonjolkan bakat anak didiknya, lukisan dipilih juga sebagai penekanan pendidikan karakter.

Salah seorang murid yang ikut memamerkan hasil karyanya Fauziah Saputri mengaku senang bisa melukis bersama teman-teman lainnya dan dipajang di sekolah. Terlebih tema yang diangkat juga sangat menarik. Seluruh lukisan tersebut akan dipamerkan juga di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada 14-16 September mendatang.

Sebelumnya telah berlangsung juga upacara, jalan sehat, lomba akustik, lomba geguritan, dan lomba menghias tumpeng. Akan ada kegiatan sosial lainnya seperti pemeriksaan TORCH gratis yang diinisiasi para alumni yang bekerja di bidang kesehatan dan kedokteran. (ita/ila)