SLEMAN – Bernuansa Jawa. Itulah koleksi busana muslim terbaru karya Ria Miranda. Sedikitnya12 pilihan busana fall winter bermotif khas Jawa karya perancang kenamaan ini Sabtu (1/9) llau dipamerkan di Pendapa Royal Hotel Ambarrukmo.

”Namanya (koleksi) Aksara. Itu dari aksara Jawa yang dikenal dengan Hanacaraka,” jelas Ria di sela launching dan pameran koleksi terbarunya.

Pada koleksi terbarunya, perempuan kelahiran Padang ini membalut rancangannya dengan nuansa lebih gelap dan unsur tanah. Itu terinspirasi dari warna khas fall winter. Kendati begitu, Ria tetap mampu menunjukkan kesan lembut kaum Hawa melalui koleksinya.

”Setiap tahun saya ingin mengangkat keindahan budaya daerah,” ujar Ria.

Selama penuangan pola, Ria mengaku banyak berdiskusi dengan orang-orang Jawa. Agar pola dan ornamen yang dituangkan benar-benar presisi.
”Ada detail bordir wayangnya juga,” tambahnya.

Meski begitu, Ria tetap mengutamakan kenyamanan pada rancangannya. Ia sadar bahwa banyak pelanggan setianya adalah ibu muda. Karena itu, perempuan berusia 33 tahun ini ingin merancang pakaian yang nyaman dan dan simpel. Tidak repot bagi ibu-ibu. Juga classy, feminin, dan lembut.

”Saya belajar dari pengalaman sendiri sebagai seorang ibu. Lebih suka pakaian yang nyaman tapi tetap anggun,” ujar ibu tiga anak tersebut.
Fitria Kurniasih, seorang pengujung mengaku datang jauh-jauh dari Semarang hanya untuk melihat koleksi terbaru Ria Miranda.
”Bagus rancangan terbarunya. Jawa banget,” pujinya.

Anggota kelompok Ria Miranda Royal Customer ini berharap Ria suatu saat mengangkat motif berbagai daerah di Indonesia dalam karyanya. (cr9/zam/ila)