JOGJA – Sebanyak 15.633 pemilih pemula menjadi sasaran pendidikan politik. Salah satunya dengan program Pemilihan Ketus OSIS (Pemilos) tingkat SMA/K sederajat se-kota Jogja. Dalam Pemilos kali ini diadakan serentak sekaligus untuk penanaman edukasi berpolitik.

Dalam kegiatan yang diadakan di Hall Taman Pintar Jogja kemarin (31/8), ratusan siswa SMA/K sederajat juga mendeklarasikan diri sebagai pemilih pemula. Dalam deklarasinya para anak SMA/K menyatakan diri untuk ikut berpatisipasi dalam kegiatan pemilu. Termasuk menggunakan hak pilih secara kritis dan cerdas serta bertanggung jawab. Mereka juga menolak keras politik uang serta aktif untuk menjadi agen pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja Wawan Budianto mengatakan jika Pemilos menjadi kesempatan untuk memberi edukasi berpolitik pada anak sekolah yang notabene adalah pemilih pemula.

“Serta sebagai edukasi untuk pemilih pemula, tentang bagaimana menjalani sebuah pemilu. Pemilu itu sangat penting, pemilos adalah salah suatu mediannya,” lanjutnya.

Wawan menambahkan ada 15.633 pemilih pemula dalam Pemilu 2019 nanti. Mereka rata-rata berusia 17 hingga 19 tahun. Dia berharap dengan sangat banyaknya partisipasi pemilih pemula akan berdampak baik  pada Pemilu 2019.

“Suara kalian sangat berperan dalam pembangunan bangsa kedepan,” tegasnya.

Untuk menfasilitasi para pemilih pemula, KPU Kota Jogja sudah mengakomodasi  dan mengupayakan pemilih pemula masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Sudah kami fasilitasi perekaman e-KTP,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi (HP) juga menilai Pemilos ini adalah terobosan untuk mengenalkan politik. Karena melalui Pemilos sekolah bisa mengorganisasikan pemilih yang baik. “Juga berlatih menjadi tim sukses, pemilih pemula bisa mempelajari untuk merumuskan bahan untuk sebuah kampanye,” katanya.

Menurut HP berbagai hal yang ada didalam Pemilos bisa menjadi refleksi ketika menjalani pemilih yang sebenarnya. “Mereka  berproses memilih pemimpin yang baik dan menjadi pemilih yang baik dalam pemilu 2019,” tuturnya. (cr5/pra)