JOGJA – Anda mau nikah, tapi bingung mencari tempat resepsi? Jika ada masalah seperti itu, tak ada salahnya kalau Anda mencoba ke Taman Kuliner (Tamkul) Condongcatur (Concat), Depok, Sleman. Tamkul Concat memiliki spot untuk pesta dengan konsep outdoor di ruang terbuka hijau.

Spot pesta pernikahan yang ditawarkan dengan tarif hanya Rp 210 ribu per hari tersebut, merupakan ruang terbuka hijau dengan posisi panggung di tengah-tengah. Sehingga saat mempelai duduk di kursi pelaminan, tamu undangan bisa berada di kanan kiri, dan depan panggung.

Kepala UPT Taman kuliner Condongcatur, Mul Mustari menuturkan, sejauh ini Tamkul lebih banyak dimanfaatkan untuk kegiatan seni dan hiburan. Sementara untuk acara pesta pernikahan, baru satu dua. “Mungkin karena masyarakat belum tahu, sehingga belum banyak yang menyewa untuk pesta pernikahan dan sejenisnya,” katanya.

Bagi yang ingin menyewa Tamkul untuk pesta nikah, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan Rp 210 ribu, sudah bisa memanfaatkan Tamkul seharian. “Konsep pesta nikah di sini, tergantung keinginan calon mempelai. Bisa konsep tradisional atau modern minimalis bergaya mediterania ataupun hutan tropis,” tandasnya.

Dengan dilengkapi panggung dan pendopo 400 m2, area pesta dapat menampung hingga 1.500 undangan. “Cocok bagi mereka yang memiliki keluarga besar, dan punya banyak rekan. Harga yang kami tawarkan, relatif murah dibanding dengan lokasi pernikahan indoor atau outdoor yang lagi nge-hits di Jogjakarta,” tuturnya.

Mul menambahkan, Tamkul memiliki total luasan 1,8 hektare. Lokasi ini dilengkapi dengan puluhan kios-kios penjual makanan dan minuman, tempat parkir, dan ruangan khusus seni. “Sebelum pintu masuk, ada ruangan khusus seni, Sleman Art Space yang didirikan pemda. Ruangan ini diharapkan dapat menarik wisatawan dan warga untuk berkunjung ke tempat ini,” jelasnya.

Di Tamkul juga terdapat 80 kios, dan 40 kios resto kuliner. Harga sewa kios sangat terjangkau. Kios-kios yang sudah disewa, antara lain untuk kedai makanan, dan pernik-pernik seperti, Pai Pie, Sara Pan’s, Nasi Kebuli, pakaian, sepatu, café, sablon, suvenir, dan lain sebagainya.

Pada September nanti akan ada lomba burung Tamkul Art (9/9), lomba mewarnai digital (15/9). Sementara untuk Oktober akan diadakan Sleman Creative Art dengan mendatangkan 50 kabupaten/kota (13-20/10).
Sejak dibuka 2007, Tamkul Condongcatur tak hanya berfungsi sebagai lokasi berjualan, juga untuk aktivitas warga, seperti pertunjukan seni dan budaya, olahraga, dan sarana rekreasi keluarga yang murah meriah.

Beragam fasilitas publik tersedia di Tamkul Concat. Mulai dari area bermain anak, spot untuk lomba (gantangan) burung berkicau, hingga yang terbaru spot olahraga skate board dan panahan. “Tempat ini (Tamkul) dilengkapi dengan toilet umum yang bersih, dan musala. Jadi bagi yang beragam Islam bisa melakukan ibadah di area ini, serta free hot spot,” ujarnya. (*/met/jko/mg1)