BANTUL- Sandiaga Uno roadshow ke Jogjakarta, Kamis (30/8). Salah satu tujuan bekas wakil gubernur DKI ini adalah sentra kerajinan gerabah di Kasongan.
Sandi, sapaannya banyak berbagi ilmu pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Terutama kepada para pemuda.
”Ada banyak cara meningkatkan UMKM. Yang paling penting adalah pembukuan yang baik,” jelas Sandi.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga banyak menyoroti problem yang kerap dihadapi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Yang paling mencolok adalah permodalan, sumber daya manusia, dan pemasaran. Nah, Program OK OCE yang digagasnya saat menjabat wakil gubernur DIK menjawab berbagai persoalan itu. Sebab, peserta OK OCE tidak hanya diberikan pendampingan hingga pelatihan. Lebih dari itu, juga pemasaran hingga mengakses permodalan.

”Semoga entrepreneur muda semakin optimis. Namun, pemerintah juga harus memberikan dukungan. Dengan begitu, bakal tercipta iklim ekonomi yang kondusif,” ucapnya.
Ketika disinggung mengenai sentra gerabah Kasongan, Sandi berpendapat salah satu sentra perekonomian di Bumi Projotamansari itu tidak hanya sebagai ikon ekonomi kreatif dan kerakyakan. Lebih dari itu, juga sebagai pariwisata unik.
Dicky Bimasaputra, seorang pelaku UMKM di Kasongan mengatakan, usaha yang dikelolanya dipilih sebagai pengembangan home industry entrepreneur muda.

”Kunjungan ini telah diagendakan sebelumnya,” ucap pemilik Nangsib Keramik ini.
Di tempat ini, Sandi sempat praktik membuat celengan gerabah. Bahannya dari tanah liat. (cr6/zam/mg1)