Siapkan Stadion Galuh Ciamis dan Stadion Gemilang Magelang

JOGJA – Laga PSIM Jogja kontra PSBS Biak dalam lanjutan Liga 2 dijadwalkan akan digelar Rabu (5/9).Namun sampai saat ini belum ada kejelasan vanue yang akan digunakan. Upaya PSIM Jogja menggunakan Stadion Sultan Agung (SSA) juga belum ada titik terang. Sejumlah alternatif, disiapkan bila nanti SSA gagal menjadi home base.

Panitia pelaksana (panpel) pertandingan PSIM Jogja Wendy Umar mengatakan pihaknya masih masih melakukan lobi kepada Pemkab Bantul agar PSIM bisa kembali menggelar pertandingan di Sultan Agung. Pertimbangan tetap menggunakan SSA lebih pada biaya penyelenggaraan pertandingan dan juga daya dukung dari para fans Laskar Mataram. “Kalau harus menggelar di luar DIJ, akan memakan cost yang cukup tinggi. Selain itu tentu dukungan pendukung takkan seramai bermain di SSA,” jelasnya.

Dikatakan, proses untuk kembali berkandang di SSA sekitar 80 persen. Pemkab Bantul, meminta jaminan agar penyelenggaraan pertandingan ke depan bisa lebih tertib. “Kami tengah siapkan sejumlah persyaratan dari Pemkab Bantul di antaranya jaminan penyelenggaraan pertandingan dengan aman dan tertib,” jelansya.

Bila ada lampu hijau, diperlukan dukungan dari semua pihak termasuk suporter untuk mewujudkan pertandingan yang aman dan tertib. Sehingga diharapkan PSIM bisa kembali menyelenggarakan pertandingan di SSA.

Kendati demikian, Wendy tetap menyiapkan vanue alternatif untuk mengantisipasi bila izin tetap tidak diberikan. Di antaranya Stadion Galuh, Ciamis, Jawa Barat dan Stadion Gemilang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, aparat keamanan memberikan lampu merah kepada PSIM dalam hal penggunaan SSA. Pelarangan tersebut, buntut dari insiden derby DIJ berujung satu orang meninggal dunia.

Polres Bantul, selaku pemegang wilayah keaman menyatakan membekukan izin pertandingan sampai waktu yang tidak ditentukan. Hal tersebut, juga diamini Pemkab Bantul.

Melihat situasi tersebut, manajemen berupaya agar jajaran stakeholder yang ada di Bantul mau merevisi kebijakan yang telah dikeluarkan dan memberikan izin kembali bagi skuad parang biru untuk menggunakan SSA. (bhn/din/mg1)