JOGJA – Sebanyak 30 mobil dengan 102 peserta ambil bagian dalam gelaran Java Overland 4×4 Explore Jogjakarta. Even kali ini mengambil rute di tiga provinsi. Peserta dilepas di Jogjakarta, kemudian menyinggahi Jawa Tengah, dan finish di Jawa Timur.

Director Java Overland, Imam Taufik S mengatakan
pihaknya memilih Jogja sebagai titik awal karena menganggap potensi wisata Jogja sangat besar. Utamanya adalah potensi wisata alamnya. “Jadi sebenarnya tujuan utama kami adalah untuk mengenalkan wisata Jogja ke teman-teman dari luar daerah,” bebernya.

Taufik mengatakan ada spesifikasi khusus yang harus dipenuhi setiap kendaraan. Pertama ban kendaraan harus menggunakan type MT (Mud Terrain). Selain itu, kendaraan jeep juga wajib kendaraan 4×4 dan wajib memiliki roll bar depan. “Karena medan yang dilewati di Jogja juga cukup curam,” kata dia.

Dalam satu mobil maksimal diisi lima penumpang dan minimal dua orang. Karena medan yang dilalui tidak terlalu ekstrem, banyak para peserta turut membawa keluarganya.Perjalanan diawali dari Hotel Royal Ambarukmo kemudian menuju bukit Klangon. Di Klangon para peserta menginap semalam. Setelah itu dilanjutkan ke Pantai Watu Kodok dan lanjut ke Wonogiri untuk selanjutnya finish di Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. “Hararapannya semua dapat tereksplor dan para peserta yang turut membawa keluarga bisa terhibur,” harapnya. (har/din/mg1)