Danrem 072/Pamungkas Brigjen Muhammad Zamroni menganggap Jogja Istimewa tidak hanya sekadar jargon. Baginya, Jogja Istimewa adalah sebuah semangat bangsa yang berawal dari kearifan lokal sehingga sangat wajar apabila semangat-semangat tersebut turut merasuk ke seluruh elemen.

Menurutnya, momentum peringatan Keistimewaan Jogjakarta sangat penting. Terlebih, perjuangan tersebut tidak hanya menjadi milik warga Jogjakarta. Terbukti, masyarakat dari seluruh elemen turut berjuang bersama. Bahkan, turut mempertahankan dan mengisi keistimewaan.
”Khususnya budaya Jawa itu sudah menjadi budaya bangsa. Nilai-nilainya sudah menjalar menjadi budaya bangsa Indonesia,” jelasnya ditemui di Makorem 072/Pamungkas, Kamis (30/8).

Semenjak bertugas di Jogjakarta, jenderal TNI bintang satu ini memahami indahnya Jogjakarta. Budaya luhur terwujud dalam berbagai unsur kehidupan. Nilai-nilai tersebut bertransformasi menjadi sikap tepa selira, saling menghargai, dan toleransi.

Di satu sisi, keindahan ini bukan berarti tanpa ada tantangan. Seiring waktu berjalan, dinamika kehidupan masyarakat terus berjalan dan memungkinkan muncul terpaan-terpaan yang bisa mengikis Keistimewaan Jogjakarta.
”Di sinilah pentingnya untuk memegang erat Keistimewaan Jogjakarta. Bukan hanya sekadar jargon namun menjadi pegangan dalam hidup. Pertahankan nilai-nilai Jogjakarta terutama sikap tolerannya,” ujarnya.

Brigjen Zamroni menyatakan, TNI memiliki peranan penting. TNI bukan sekadar institusi namun menjadi bagian dari masyarakat. Perannya tentu menjawab segala tantangan zaman dan menguatkan nilai Keistimewaan Jogjakarta.

Satu hal yang menjadi pegangan adalah istilah Indonesia mini. Dia memahami Jogjakarta sebagai daerah yang sangat multikultural. Tidak hanya menjadi rumah bagi kebudayaan Jawa tapi budaya bangsa. Ini terbukti beragam kebudayaan dan adat istiadat nusantara mewarnai keindahan Jogjakarta.
”Inilah kekuatan Jogjakarta yang perlu kita jaga bersama. Jogjakarta aman dan damai bukan hanya peran aparatnya. Tapi, peran terpenting ada di masyarakatnya,” tegasnya. (*/dwi/amd/mg1)