GUNUNGKIDUL – Sehari setelah Surat Keputusan (SK) Gubernur mengenai pergantian Ketua DPRD Gunungkidul turun, badan musyawarah (banmus) langsung mengagendakan rapat pergantian antar waktu (PAW). SK pergantian ketua dewan dari gubernur turun dan diterima Sekwan Agus Hartadi, Rabu (29/8) pukul 11.00. Dengan turunnya SK ini, maka hak protokoler dan keuangan pejabat lama Suharno dicabut.

Nanti kursi jabatan Suharno digantikan Demas Kursiswanto menindaklanjuti SK DPP PDI P bernomor 4457/int/DPP/7/2018 perihal pengesahan dan penetapan ketua DPRD. Kemudian SK PAW bernomor 4456/in/DPP/7/3018 perihal persetujuan pengesahan dan penetapan pejabat PAW Bernaditus Winasto mengisi kekosongan kursi anggota dewan setelah ditinggalkan Demas Kursiswanto.

Sekwan DPRD Gunungkidul Agus Hartadi mengatakan, begitu SK dari gubernur turun, langsung diagendakan rapat banmus untuk menetapkan jadwal pelantikan pejabat baru. Agenda banmus direncanakan besok (hari ini, Red).

“Undangan banmus sudah disebar. Dari rapat banmus nantinya ditentukan tanggal pelaksanaan rapat paripurna pergantian ketua dewan,” kata Agus.

Selain jabatan ketua, sebenarnya juga ada wakil rakyat lain yang sedang dilakukan proses PAW, yaitu dari Fraksi Golkar Tina Chadarsih dan PAW dari partai PAN, Sarmidi. Akan tetapi dua nama itu proses PAW belum tentu dilakukan secara bersamaan.

Bendahara Partai Golkar Tina Chadarsih di PAW karena dianggap menyimpang dari amanat partai. Bahkan internal parpol berlambang pohon beringin sudah mencoret nama Tina dari daftar bacaleg Pemilu 2019.

Lalu dari PAN, Sarmidi kasusnya juga hampir sama. Dalam kebijakan internal, ia dinilai sudah melanggar amanat partai. Disebutkan jika caleg petahana tidak memperoleh 35 persen dari suara di dapil, maka akan dilakukan proses PAW dan digantikan caleg urutan di bawahnya. “Proses PAW yang itu (Tina dan Sarmidi) menyusul,” ujarnya.

Sementara itu, Demas Kursiswanto yang dipercaya DPP PDIP untuk menggantikan posisi pejabat lama, membenarkan perihal turunnya SK. Pihaknya mulai pasang badan dan menyiapkan diri dilantik menjadi ketua DPRD Gunungkidul. “Besok siang (hari ini, Red) dijadwalkan banmus. Hari berikutnya diagendakan pelantikan,” kata Demas.

Nah, sebelum secara resmi dilantik, pelaksana tugas sementara Ketua DPRD Gunungkidul diisi oleh seorang anggota dewan dari fraksi PAN yaitu Supriyadi sebagai Plt.

Di bagian lain, Ketua DPRD Gunungkidul non aktif Suharno mengatakan, mulai saat ini resmi berhenti dari jabatan ketua dan anggota dewan. Meski demikian pihaknya berharap sejumlah program pembangunan rakyat tetap dilanjutkan. “Semoga bisa diteruskan oleh anggota lain,” kata Suharno. (gun/laz/mg1)