JOGJA – SMAN 2 Playen vs SMAN Tanjungsari, Gunungkidul mengawali laga pembuka turnamen sepak bola Piala Rektor IST Akprind 2018, Selasa (28/8). Turnamen yang diikuti 10 SMA/SMK dari lima kabupaten/kota di DIJ ini digelar selama enam hari menggunakan sistem gugur. Pada pertandingan pembuka, SMAN Tanjungsari unggul 2-1 sehingga maju ke babak 8 besar, Kamis (30/8) nanti.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama IST Akprind Ir Joko Waluyo MT saat membuka turnamen ini mengungkapkan, IST Akprind konsisten dalam pembinaan dan pengembangan olahraga. Sebelum menyelenggarakan turnamen sepak bola, IST Akprind rutin menggelar kejuaraan pencak silat, aeromodelling serta beberapa cabang olahraga lain.

Khusus di cabang olahraga sepak bola, saat ini IST Akprind juga memiliki tim Satria Akprind yang aktif mengikuti kompetisi resmi PSSI Kota Jogja. Joko juga berharap even seperti ini akan terus rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk mencari bibit-bibit pemain dari wilayah DIJ.

Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola Ari Santoso ST mengatakan, 10 tim yang mengikuti turnamen ini merupakan undangan dari panitia. SMA/SMK yang diundang merupakan sekolah yang memiliki reputasi dan prestasi yang tidak terbantahkan di bidang sepak bola, khusunya di Jogjakarta.

Setiap hari akan digelar dua pertandingan dengan durasi 2 x 30 menit. Seperti saat pembukaan, partai kedua mempertemukan SMAN 2 Ngaglik melawan SMAN 1 Sewon. (sce/a1/laz/mg1)