Untuk menghadapi tantangan di era industri 4.0, Jurusan Teknik Informatika (TI) Universitas Janabadra (UJB) Jogjakarta meningkatkan mutu mahasiswanya dengan membekali sertifikasi keahlian.

“Sesuai Permen Ristekdikti terkait KKNI selain ijazah, mahasiswa juga harus dibekali surat keterangan pendamping ijazah (SKPI), salah satunya sertifikasi profesi ini,” ujar Ketua Jurusan TI UJB Ryan Ari Setiawan saat ditemui di kampusnya, Rabu (29/8).

Ryan menyebutkan, dalam penyediaan sertifikasi keahlian atau profesi ini pihaknya menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang informatika yaitu PT Trust sebagai vendor UJB.
“Kami lebih mementingkan kemampuan lulusan, jadi bagaimana mencetak sarjana yang juga memiliki profesionalisme di bidangnya. Terlebih perusahaan saat ini menuntut karyawannya harus mempunyai standar yang memadai, memiliki kemampuan yang mumpuni,” ungkapnya.

Bersama vendor tersebut mahasiswa akan diuji kemampuannya untuk mengantongi keahlian TI. Selain menggandeng PT Trust, UJB ke depannya juga akan bekerjasama dengan perusahaan layanan jasa di bidang security (microtic untuk sertifikasi jaringan). Hal ini melihat pentingnya digital forensik untuk keamanan sistem informasi di Indonesia. (*/ita/laz/mg1)