SLEMAN – Membangun kesadaran pentingnya mengutamakan keselamatan, PT Mitra Pratama Mobilindo mengadakan Hino Dutro Safety Driving Competition. Kompetisi yang berlangsung pada 28-30 Agustus 2018 itu diperuntukan bagi para pengemudi truk dan bus.

Manager Sales Planning & Strategic Division PT Hino Motor Sales Indonesia Victor Arif mengatakan dalam kompetisi itu sebanyak 60 peserta untuk masing-masing pengendara truk dan bus akan mengikuti tes tertulis.Kemudian akan dipilih 10 besar. Selanjutnya, 10 peserta memperebutkan juara 1-3 pada kategori skill test. “Sebelumnya, pengemudi bus menjalani eco-driving test,” katanya saat membuka kompetisi, Rabu (28/8).

Menurut dia penilaian eco-driving test diekankan pada efisiensi pengendara dengan membandingkan konsumsi bahan bakar dan waktu tempuh. Untuk itu ada alat pengukur yang dipasang di bus untuk menilai seberapa efisien seseorang mengendarai bus dan truk. “Kompetisi ini bukan ajang kebut-kebutan semata,” tegas Victor.

Selanjutnya untuk skill test, yang meliputi daily inspection dan parking. “Khusus untuk truk ada zig-zag dan maju-mundur,” jelasnya. Daily inspection menguji kemampuan pengendara mengecek mulai dari lampu sein, oli, air radiator, ban, rem, dan lainnya. “Sedangkan parking menguji kemampuan pendengendara memarkir kendaraan dengan tepat dan aman,” tambahnya.

Branch Manager PT Mitra Pratama Mobilindo Agus Supra menambahkan ajang ini adalah kompetisi keselamatan berkendara diadakan di DIJ. Diharapkan acara serupa dapat diadakan karena memberikan banyak manfaat.
“Pengendara mendapat banyak pengetahuan tentang keselamatan berkendara,” tuturnya.

Agus juga menilai masyarakat luas pun secara tidak langsung juga mendapat manfaat ketika kesadaran mengutamakan keselamatan terbangun. “Pengetahuan tentang cara perawatan yang benar juga mereka dapat. Bus dan truk awet, bisnis pun lancar,” katanya. (obi/cr10/pra/mg1)