JOGJA – Satu wasit dan dua asisten wasit asal DIJ mendapat kesempatan mengikuti seleksi pembekalan wasit FIFA 2019 di Tangerang, Banten pada 27-30 Agustus mendatang. Mereka yakni, Ikhsan Prasetyo (wasit), Herry Cristianta dan Madina Mufid Fajrin (asisten wasit).

Intruktur Wasit Nasional Rahmad Hidayat mengatakan tiga dari tujuh wasit dan asisten akan menjalani seleksi wasit FIFA. Mereka dipilih berdasarkan rekomendasi dari assesor, penilai dan juga mantan komite wasit. “Penilaian berdasarkan kapabilitas dan ketiganya memiliki kemampuan,” jelas Rahmad kemarin (28/8).

Untuk Ikhsan, selama ini memang sudah dipercaya memimpin laga-laga kompetisi Liga Indonesia. Kemampuannya sebagai pengadil lapangan hijau, dinilai cukup mampu berada pada level yang lebih tinggi. Pelatih asal Bantul ini dipercaya memimpin partai final Liga 1 U-19 pada 2017 antara Persib U-19 melawan Persipura Jayapura U-19. Sementara Herry Cristianta, sudah dipercaya menjadi asisten wasit di Liga 1, begitupun dengan Medina Mufid yang diproyeksikan menjadi asisten wasit FIFA. Nantinya, ketiganya akan diseleksi dulu dan akan mendapatkan pendalam ilmu. “Diproyeksikan menimba ilmu perwasitan hingga ke Jepang,” jelasnya.

Selama mengikuti pembekalan, jelasnya, mereka akan menjalani physical fitness test, pengetahuan tentang dunia wasit, dan juga kemampuan bahasa inggrisnya. Dia berharap pembinaan wasit di Indonesia khususnya di DIJ lebih berkembang. “Harapannya bisa menularkan ilmu tentang perwasitan kepada adik-adiknya,” harapnya. (bhn/din/mg1)