PURWOREJO – Persiapan panjang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo berbuah manis. Penghargaan Sertifikat ISO 9001:2015 berhasil diraih dan diserahkan langsung oleh Lead Auditor Ali Mansur dari Quality Registrar Systems (QRS) Badan Sertifikasi Internasional kepada Kepala Disdukcapil Purworejo Sukmo Widi Harwanto.

Sukmo mengatakan, penghargaan itu akan menjadi salah satu upaya mendukung visi misi bupati tetang optimalisasi pelayanan publik. “Ini perjuangan panjang seluruh jajaran Disdukcapil yang berjuang untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, akreditasi yang dilakukan QRS mencakup dokumen dan kelengkapan fasilitas, sarana, dan sumber daya manusia. Seperti SOP, standar pelayanan, dan pencantuman biaya pengurusan dokumen. Untuk persiapannya didampingi konsultan pendamping, diawali Mei lalu atau sekitar 4 bulan.
Sebenarnya dalam pelayanan sudah terbiasa dengan pengurusan ketepatan waktu, kecepatan, dan memudahkan masyarakat. Namun ada beberapa fasilitas yang harus dipenuhi seperti untuk disabilitas, lansia, bahkan sampai kamar mandi, dan ruang bermain anak.

“Sesuai moto Disdukcapil yakni Pesona yang bermakna pelayanan dokumen kependudukan satu hari untuk Anda,” katanya. Ditambahkan, moto itu ditujukan agar mampu membahagiakan masyarakat mengurusi dokumen secara gratis dan keluar dengan senyum.

Adanya penghargaan itu akan dijadikan pemacu semangat agar lebih baik lagi. “Kami akan terus melakukan pelayanan prima bagi masyarakat Purworejo,” kata Sukmo didampingi Kabid Pengolahan Data Suryadi.

Ditambahkan Suryadi, akreditasi secara langsung dilakukan dua orang tim auditor yakni Ali Mansur dan Subandi di Disdukcapil dalam satu hari dari pagi hingga malam. Sebelumnya telah dilakukan akreditasi
berdasar administrasi dokumen. Selain penilaian dokumen juga wawancara untuk mengetahui kesinkronan pimpinan dengan staf.

Sementara itu Lead Auditor Ali Mansur mengatakan, setelah di
akreditasi secara menyeluruh Disdukcapil dapat memenuhi syarat dalam
Manajemen Pelayanan Publik ISO 9001:2015. Termasuk audit secara
langsung mengkroscek dokumen dan sistem pelayanannya. (udi/laz/mg1)