SLEMAN-PSS Sleman mengindikasikan tidak akan menggelar laga uji coba lagi di sisa jeda kompetisi Liga 2 Indonesia. Itu karena badai cedera yang menimpa sejumlah pilar utama skuad Super Elang Jawa –julukan PSS Sleman.

Ya, uji coba kontra PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Minggu (26/8) menambah daftar pemain yang harus menepi. Sampai dengan kemarin, ada lima pemain PSS Sleman mengalami cedera. Mereka yakni, Adi Nugroho, Dave Mustaine, Jodi Kustiawan, M Zamzani, dan terakhir Slamet Budiono. Nama terakhir mengalami cedera di laga uji coba melawan PSIS Semarang. Ketika itu, posisi Budi digantikan Rangga Muslim.

Kondisi tersebut tentunya merugikan bagi PSS Sleman. Mengingat, kompetisi Liga 2, akan kembali bergulir pekan depan. Selasa (4/9), Jodi Kustiawan dkk akan menjamu Persegres Gresik di Stadion Maguwoharjo.”Ini yang harus kami antisipasi,’’ kata asisten pelatih PSS Sleman Danilo Fernando.

Apalagi, lima pemain yang mengalami cedera tersebut merupakan pemain kunci yang kerap turun dalam starting eleven skuad Super Elja. Dengan banyaknya pemain yang cedera, Danilo mengisyaratkan tidak akan melakukan laga uji coba.”Sementara belum ada uji coba,’’ jelasnya.

Dikatakannya, PSS Sleman akan mengevaluasi kembali program latihan yang diberikan kepada pemain jelang kompetisi bergulir. Tim pelatih, juga akan mengevaluasi program latihan untuk meminimalisasi risiko cedera. Sebab, sejumlah pemain seperti Dave Mustaine, Zamzani dan Jodi Kustiawan mengalami cedera saat menjalani latihan. Sedangkan Adi Nugroho yang hari ini menjalani operasi. Dia mendapatkan cedera lutut saat PSS melawan PSIM Jogja di Stadion Sultan Agung.

”Jodi kemungkinan cederanya agak lama. Kalau Zamzani dalam minggu ini diharapkan bisa kembali. Sedangkan Budiono, terus kami pantau perkembangan,” jelas pria berkebangsaan Brasil ini.

Agar terhidar dari cedera di lapangan, eks pemain Persebaya Surabaya ini meminta kepada para pemain untuk menjaga kondisi fisik. Termasuk, mempersiapkan diri dengan baik sebelum menggelar latihan dan pertandingan.

”Pemain harus bisa menjaga kondisi masing-masing. Lakukan pemanasan dengan baik, supaya saat turun ke lapangan kondisi prima,” katanya.
Seperti diketahui PSS Sleman sukses mempermalukan tim PSIS Semarang dengan skor 2-0 pada laga uji coba di Stadion Maguwoharjo Minggu (26/8). Dua gol kemenangan PSS Sleman dicetak gelandang sayap Rangga Muslim Perkasa.

Meski bertatus laga uji coba, jalannya pertandingan memang cukup keras. Bahkan, pemain anyar Niar Maizar pun sempat mendapatkan perawatan usai berbenturan dengan pemain lawan. Begitu juga dengan Rangga, yang sempat berjalan pincang setelah mendapatkan tackling keras. ”Cukup waswas juga. Makanya babak kedua kemarin saya rotasi untuk mengurangi risiko tersebut,” kata Danilo. (bhn/din/mg1)